logo


Yakin Hentikan Reklamasi, Anies: Langkah Tepat Kurangi Penurunan Muka Tanah

Anies mengatakan bahwa DKI Jakarta berhasil melambatkan laju penurunan tanah

11 Agustus 2021 07:00 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merasa yakin dengan kebijakannya yang menghentikan program reklamasi. Ia mengatakan bahwa berdasarkan penelitian, reklamasi akan mempercepat laju penurunan permukaan tanah.

"Jika di Jakarta Utara sekitar puluhan milimeter per tahun, di pulau artificial berlangsung lebih dari 80 milimeter per tahun," kata Anies dalam diskusi virtual, Selasa (10/8/2021).

"Ini adalah fakta yang membuat kami makin merasa yakin bahwa menghentikan, tidak meneruskan kegiatan reklamasi adalah langkah yang tepat untuk kurangi dampak land subsidence (penurunan muka tanahh), dampak dari naiknya permukaan air laut," sambungnya.


Joe Biden Pidato DKI Tenggelam 10 Tahun Lagi, Anies: Ini Jadi Pertaubatan Paradigmatik di Amerika

Anies juga mengatakan bahwa DKI Jakarta berhasil melambatkan laju penurunan tanah. Pelambatan tersebut, kata Anies, terjadi karena pengurangan penyedotan air tanah di Jakarta.

Ia lantas memaparkan hasil penelitian Japan Internasional Cooperation Agency (JICA). Ia menyebut penurunan muka tanah di Jakarta pada tahun 2007 sangat cepat, yaitu 22 milimeter pertahun. Namun dari tahun ke tahun terjadi pelambatan.

"Ternyata berhasil dikurangi menjadi 2 milimeter per tahun lewat stasiun pengukuran land subsidence," ujarnya.

Ramai DKI Tenggelam Gegara Joe Biden, Ganjar: Jateng Sudah Tenggelam Duluan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati