logo


Kanada dan Inggris Kembali Jatuhkan Sanksi terhadap Sektor Vital Belarusia

Pemerintah Kanada dan Inggris pada Senin (9/8) meningkatkan sanksi terhadap perekonomian Belarusia untuk membatasi akses negara tersebut kepada pasar internasional

10 Agustus 2021 11:30 WIB

Bendera Kanada
Bendera Kanada istimewa

OTTAWA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Kanada pada Senin (9/8) memutuskan untuk menjatuhkan sanksi terhadap sejumlah sektor penting perekonomian Belarusia dengan tujuan untuk membatasi akses negara tersebut kepada pasar internasional.

“Marc Garneau, Menteri Luar Negeri, hari ini mengumumkan sanksi baru di bawah Undang-Undang Tindakan Ekonomi Khusus sebagai tanggapan atas pelanggaran hak asasi manusia berat dan sistematis yang sedang berlangsung di Belarus. Langkah-langkah baru ini memberlakukan pembatasan pada sektor-sektor utama ekonomi Belarusia dan meminimalkan akses aktor negara Belarusia kepada keuangan internasional,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Kanada dikutip Sputniknews.

Kementerian tersebut menjelaskan bahwa sejumlah sektor Belarus yang terdampak sanksi Kanada tersebut diantaranya sekuritas yang dapat dialihkan dan instrumen pasar uang, pembiayaan utang, asuransi, produk minyak bumi dan produk kalium klorida.


Vladimir Putin Janji Militer Rusia Akan Ikut Jaga Keamanan Teluk Persia dan Atlantik

Beberapa jam sebelum pengumuman sanksi dari Kanada tersebut, pemerintah Inggris juga menjatuhkan sanksi serupa terhadap sektor perdagangan, finansial dan penerbangan Belarusia.

Belarusia sudah menjadi target sanksi negara-negara barat usai Alexander Lukashenko dituding melakukan tindak kecurangan dalam penghitungan suara pemilihan presiden di negara tersebut sehingga ia kembali terpilih menjadi presiden. Tak terima dengan kemenangan tersebut, rakyat Belarusia menggelar aksi protes yang mendapat tindak kekerasan dari pihak berwenang.

Lukashenko Tertarik Dapatkan Sistem Pertahanan S-400 Buatan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia