logo


Lukashenko Tertarik Dapatkan Sistem Pertahanan S-400 Buatan Rusia

Presiden Alexander Lukashenko menyatakan bahwa negaranya sangat tertarik untuk membeli sistem pertahanan udara buatan Rusia, S-400

10 Agustus 2021 11:00 WIB

Presiden Belarus Alexander Lukashenko
Presiden Belarus Alexander Lukashenko Tass

MINSK, JITUNEWS.COM - Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko pada Senin (9/8) mengatakan bahwa pihaknya sangat tertarik dengan sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia dan mengaku optimis jika negaranya akan dapat menerima sistem pertahanan udara tersebut.

"S-400 sangat menarik bagi kami. Dan saya yakin kami akan menerima senjata kompleks ini. Selain itu, kami telah menghemat banyak uang untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir," kata Lukashenko dikutip Sputniknews.

Menurut dia, Minsk siap membeli peralatan militer Rusia senilai $300 juta hingga $500 juta, dan sistem S-400 juga akan disertakan dalam rencana pembelian tersebut.


Parlemen Jerman Minta Berlin Kembali Intervensi Konflik Afghanistan

Sang presiden juga berjanji untuk menjaga keamanan udara demi melindungi pembangkit listrik Belarusia, dengan menggunakan sistem pertahanan rudal Tor, yang juga diproduksi oleh Rusia.

"Sebelumnya, kami mengandalkan Tor-M2, dan ini adalah senjata yang bagus; kami tidak hanya tahu cara menggunakannya, kami juga tahu cara memodernkannya, dan kami tahu cara memperbaikinya," kata Lukashenko.

Dia menambahkan bahwa di Belarusia, pabrik perbaikan kendaraan lapis baja dan beberapa perusahaan swasta juga dapat memperbaiki dan memodernisasi sistem rudal anti-pesawat Buk dan S-300 buatan Rusia.

Vladimir Putin Janji Militer Rusia Akan Ikut Jaga Keamanan Teluk Persia dan Atlantik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia