logo


Wow, Ternyata Tanaman Kampung ini Kaya Khasiat!!

Ubi kayu mampu mencegah terjadinya serangan jantung, stroke, kanker usus besar dll

11 Mei 2015 15:19 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pernah menyantap ubi kayu atau populer disebut dengan singkong? Ubi kayu merupakan salah satu hidangan yang sudah sangat akrab khususnya pada masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan. Memiliki sifat mudah tumbuh, itulah yang membuat banyak orang dapat menanam tanaman yang memiliki nama latin manihot utilisima ini.

Ubi kayu dapat tumbuh dimana saja, di halaman rumah, pekarangan atau sebagai pagar hidup. Hanya bermodalkan potongan batang dan di tancapkan ke tanah, ubi kayu akan bersemi dalam rentang waktu yang tidak lama. Ubi kayu atau singkong ini sangat nikmat bila digoreng atau dibakar. Namun, belum banyak yang mengetahui bila ubi kayu tak hanya sebagai cemilan dikala waktu senggang tapi juga memiliki manfaat lain untuk tubuh.

Menilik kandungannya, ubi kayu mempunyai total kalori 2 kali lipat daripada kentang. Hal tersebut terbilang sangat wajar karena ubi kayu merupakan satu dari beberapa jenis makanan pokok yang sarat akan karbohidrat. Pada 100 g ubu kayu, terkandung 160 kalori yang didominasi oleh gulasukrosa.


Ingin Cegah Penuaan Dini, Rambutan Solusinya

Tak hanya itu, ubi kayu pun mempunyai sejumlah kandungan mineral penting untuk tubuh, antara lain magnesium, seng, tembaga dan zat besi. Kadar kalium yang juga terdapat pada ubi kayu mampu mencukupi keperluan harian di dalam tubuh.

Beberapa khasiat kesehatan dari ubi kayu ini adalah sebagai berikut:

Cegah Anemia. Ubi kayu adalah pemasok vitamin B kompleks dan grup vitamin, misalnya folic acid, vitamin B1, pyridoxine, vitamin B2, serta asam pantotenat. Manfaat unsur riboflavin akan membantu perkembangan tubuh serta menghasilkan sel-sel darah merah guna mencegah terjadinya anemia.

Cegah Stroke, Kanker Usus Besar, dll.Ubi kayu pun mampu mengurangi konsentrasi trigliserida sekaligus sebagai pensuplai kebutuhan serat yang baik. Fakta tersebut menjadikan ubi kayu sebagai pencegah terjadinya serangan jantung, stroke, kanker usus besar dan membantu mengontrol kadar gula dalam darah yang mengidap diabetes. Manfaat tersebut diperoleh dengan mengukus atau merebus ubi kayu.

Meningkatkan Stamina Otat. Ubi kayu mempunyai komposisi protein yang tinggi jika dibandingkan dengan ubi rambat, kentang ataupun pisang. Hal ini sangat cocok untuk yang sedang melatih stamina otot.

Tak hanya khasiat di atas, ubi kayu pun diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya demam, rematik, nyeri kepala hingga memperkuat daya tahan tubuh. Keren!

3 Obat Tradisional Ini Ampuh Usir Asam Urat dan Reumatik

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana