logo


AS Tangkap Dua Orang Simpatisan Junta Militer Myanmar yang Akan Bunuh Dubes Myanmar untuk PBB

Kedua pelaku upaya pembunuhan duta besar Myanmar untuk PBB terancam dijatuhi hukuman penjara selama lima tahun

7 Agustus 2021 17:00 WIB

Dubes Myanmar untuk PBB Kyaw Moe Tun
Dubes Myanmar untuk PBB Kyaw Moe Tun istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Otoritas Amerika Serikat telah berhasil menangkap dua warga negara Myanmar di AS, yang diduga merencanakan upaya pembunuhan duta besar Myanmar untuk PBB. Hal itu disampaikan oleh Departemen Kehakiman AS pada Jumat (6/8).

"[Jaksa federal] mengumumkan penangkapan PHYO HEIN HTUT dan YE HEIN ZAW karena telah melakukan konspirasi untuk menyerang dan melakukan tindak kekerasan terhadap Perwakilan Tetap Myanmar untuk PBB. HTUT dan ZAW didakwa dalam dua pengaduan terpisah," kata Departemen Kehakiman dalam siaran persnya.

Perwakilan Tetap Myanmar untuk PBB Kyaw Moe Tun diketahui selama ini menentang dan mengutuk aksi kudeta yang dilakukan oleh junta militer terhadap pemerintahan resmi Myanmar.


Beijing Gunakan Seluruh Instrumen Kekuatan untuk Hentikan Supremasi AS

Departemen Kehakiman mengatakan bahwa Htut dan Zaw, tinggal di New York, dimana mereka berdua telah bersekongkol dan menyusun rencana pembunuhan terhadap Kyaw Moe Tun sejak bulan Juli hingga 5 Agustus lalu.

Htut, 28 tahun, telah melakukan kontak dengan seorang pedagang senjata di Thailand yang memiliki hubungan dengan militer Myanmar. Kedua individu tersebut berencana mempekerjakan seseorang untuk menyerang sang duta besar dan memaksanya mengundurkan diri dari jabatannya atau membunuhnya jika Moe Tun tetap menolak.

Sementara itu, Zaw telah memberi uang dengan total $5.000 kepada Htut untuk menyewa seseorang untuk melakukan serangan itu.

Htut dan Zaw masing-masing didakwa dengan satu tuduhan konspirasi untuk menyerang dan melakukan tindak kekerasan terhadap seorang pejabat asing. Mereka berdua diancam hukuman maksimal lima tahun penjara.

Pemerintah Inggris Minta Semua Warganya untuk Segera Keluar dari Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia