logo


Balas Teguran Megawati soal Banjir Rob Semarang, Ganjar: Bisa Dikendalikan

Ganjar mengatakan bahwa pihaknya juga melakukan pendekatan kolaboratif dalam mengatasi banjir rob

6 Agustus 2021 06:00 WIB

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menjawab teguran Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang memintanya membenahi tata kelola banjir rob di Semarang. Ia menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa pendekatan untuk mengatasi banjir rob, diantaranya perbaikan daerah aliran sungai (DAS) dan membuat peraturan daerah (perda) tentang pengambilan air tanah.

"Ada pendekatan yang sifatnya lingkungan hidup, ini perbaikan mulai dari DAS kemudian buat perda tentang pengambilan air tanah. Kota Semarang contoh yang cukup bagus punya perda, cuma tinggal pelaksanaan penegakan hukumnya saja," kata Ganjar seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (5/8/2021).

Ganjar mengatakan bahwa Kota Semarang adalah contoh yang bagus dalam melakukan pendekatan tersebut. Ia justru menyebut Kota Pekalongan lah yang harus ditingkatkan pendekatannya.


Tegur Ganjar soal Banjir Rob Semarang, Megawati: Sama Anak Buah Saya Berani, Tapi...

"Pekalongan agak kurang dan betul disampaikan. 'Pak Ganjar kita sulit'. Kalau sulit PDAM-nya dong. PDAM kita bantu dengan PDAB kami, jadi PDAM distribusi kami yang siapkan infrastruktur untuk mencarikan sumber airnya," sambung Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan bahwa pihaknya juga melakukan pendekatan kolaboratif dalam mengatasi banjir rob. Ia menyebut kerja sama antara pusat dengan daerah akan membuat tujan mudah tercapai.

"Inilah yang sejak 2016 kami berkerja sama dengan pusat untuk mulai menata setidaknya terjadilah di Kota Semarang setidaknya banjir mulai bisa dikendalikan tetapi untuk north coast ini masih belum bisa," pungkasnya.

 

Ngaku Lelah Jadi Ketum PDIP, Megawati: Tapi Kalau Udah Marah, Saya Kepilih Terus

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati