logo


Muhaimian Iskandar Gonta-ganti Nama Panggung, Pengamat: Rugi, Elektabilitas Sulit Naik

Mochtar menilai Muhaimin Iskandar akan merugi apabila masih gonta ganti nama sapaan atau panggilan politik

5 Agustus 2021 15:23 WIB

Muhaimin Iskandar
Muhaimin Iskandar Instagram @cakiminow

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTNM), Mochtar W Utomo turut menanggapi baliho Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang bertuliskan Gus Muhaimin. Padahal beberapa waktu yang lalu, Muhaimin menuliskan nama dirinya sebagai Gus AMI, dan sebelumnya lagi dengan nama Cak Imin. Menurutnya, pergantian nama sapaan tersebut menunjukan bahwa Muhaimin Iskandar masih bingung ingin dikenal sebagai 'siapa' dan 'apa' oleh masyarakat.

"Padahal dalam khazanah marketing politik dan komunikasi politik, branding itu penting, political name calling itu penting, karena panggilan ini lah publik mengenal seorang sosok," kata Mochtar seperti dilansir detikcom, Kamis (5/8/2021).

Mochtar menilai Muhaimin Iskandar akan merugi apabila masih gonta ganti nama sapaan atau panggilan politik. Menurutnya, hal tersebut akan memepengaruhi elektabilitas Muhamin Iskandar yang sulit naik.


Demokrat Protes Pesawat Presiden Dicat Merah, PKB: Lebih Baik Cat Peringkat Pandemi!

"Pergantian berulangkali penyebutan tersebut secara marketing dan komunikasi politik sesunggunya cenderung merugikan. Karena ketika publik ingin menyampaikannya sebagai sebuah kode, ternyata mereknya telah berubah lagi," ujarnya.

"Jika situasi ini berlangsung terus, maka seperti yang sudah-sudah, baik popularitas, akseptabilitas maupun elektabilitas Muhaimin akan sulit naik. Dan itu jadi problem tersendiri bagi upaya elektoralnya menuju 2024," jelasnya.

Ketimbang Cat Ulang Pesawat, Mending Bantu Rakyat yang Kelaparan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati