logo


Alasan Keamanan, Pelari asal Belarusia Nggak Jadi Terbang ke Warsawa

Krystsina Tsimanouskaya, seorang atlet Olimpiade asal Belarus yang menolak untuk dipulangkan ke negara asal, sudah mendapatkan ijin tinggal dan menetap dari pemerintah Polandia

4 Agustus 2021 17:30 WIB

Krystsina Tsimanouskaya (kanan), seorang pelari asal Belarus yang tidak mau dipulangkan ke negara asalnya
Krystsina Tsimanouskaya (kanan), seorang pelari asal Belarus yang tidak mau dipulangkan ke negara asalnya Reuters

TOKYO, JITUNEWS.COM - Atlet lari asal Belarusia, Krystsina Tsimanouskaya, pada Rabu (4/8) dikabarkan telah meninggalkan Tokyo dan terbang menuju Vienna, Austria, tiga hari setelah ia menolak untuk dipulangkan ke negara asal.

Usai menginap selama dua hari di kantor kedutaan besar Polandia selama dua malam, atlet 24 tahun tersebut tiba di bandara Narita sebelum berangkat ke Vienna untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Warsawa, Polandia.

Seorang anggota komunitas Belarusia yang tidak disebut namanya, mengatakan jika Tsimanouskaya merubah rute penerbangannya karena alasan keamanan. Narasumber tersebut tidak menjelaskan secara detail terkait hal itu.


Pemimpin Oposisi Belarusia Ingin Rezim "Neraka" Lukashenko Segera Berakhir

"Nona Krystsina Tsimanouskaya berada di bawah perlindungan agen diplomatik Polandia," wakil menteri luar negeri Polandia, Marcin Przydacz dalam pesan tertulis.

"Seperti yang sudah kami indikasikan sebelumnya, untuk alasan keamanan, kami tidak menyediakan detail rute penerbangannya," tambah Przydacz.

Seperti diketahui, Tsimanouskaya, menolak untuk dipulangkan ke Belarus dengan mencari perlindungan di kedutaan Polandia pada Senin (2/8).

"Saya tidak akan kembali ke Belarus," tegas Tsimanouskaya.

Menanggapi hal itu, pemerintah Polandia langsung memberikan penawaran visa khusus kepadanya, dan mengijinkan Tsimanouskaya untuk melanjutkan karir olahraganya di Polandia.

Mengadu ke Dewan Keamanan PBB, Inggris Sebut Iran Terlibat dalam Serangan terhadap Kapal Tanker Israel

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia