logo


Monitoring Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio, PPATK: Ini Mendekati Bodong

PPATK sebut ada kemungkinan dana Rp 2 T dari keluarga Akidi Tio berada di luar negeri.

4 Agustus 2021 09:11 WIB

Kepala PPATK Dian Ediana Rae
Kepala PPATK Dian Ediana Rae istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Pusat, Dian Ediana Rae mengatakan bahwa pihaknya turut menelusuri dana sumbangan Covid-19 dari keluarga Akidi Tio. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan, ia menyebut sumbangan tersebut mendekati bodong.

"Sebenarnya hampir mendekati, bisa mendekati kesimpulan. Kita masih ada beberapa informasi tambahan yang masih kita coba gali di lapangan. Tapi sebetulnya ini kalau di dalam konteks analisis keuangan secara domestik semuanya sudah clear. Sebetulnya ini bisa dikatakan, bisa dikatakan mendekati bodong," kata Dian dalam diskusi virtual yang dikutip dari kanal YouTube PPATK, Rabu (4/8/2021).

Meski demikian, Dian mengatakan bahwa pihaknya masih akan melakukan penelusuran lebih dalam terkait dana sumbangan tersebut. Ia menyebut ada kemungkinan dana tersebut berada di luar negeri.


Soal Sumbangan Rp2 T Akidi Tio, Mahfud Ngaku Tak Percaya Sejak Awal

"Sebelum mungkin terjadi sesuatu hal, yang artinya pembuktian lain di dalam poin-poin lain yang terkait dengan kemungkinan-kemungkinan. Katakanlah kemungkinan transfer dana dari luar negeri ya. Yang ini pun sebetulnya juga bagian dari pemantauan PPATK, karena PPATK bisa melakukan monitoring terhadap keluar-masuknya dana," ujarnya.

Lebih lanjut, Dian mengatakan bahwa berdasarkan penelusuran sampai Selasa (3/8/2021) sore, belum ada transaksi Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio.

"Sampai hari ini, sampai sore ini bahkan sebetulnya uang yang dimaksud memang belum ada," tuturnya.

Buka Posko Pengaduan Korban Anak Akidi Tio, Polda Sumsel: Merasa Dirugikan, Silakan Lapor

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati