logo


Kasus Kematian Covid Naik saat PPKM, PKS: Belum Saatnya Deklarasikan Keberhasilan

PKS sebut kasus kematian akibat isolasi mandiri bisa diantisipasi dengan menambah ruang perawatan.

4 Agustus 2021 06:00 WIB

Kurniasih Mufidayati
Kurniasih Mufidayati Kastara.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati menyoroti kasus kematian Covid-19 di berbagai daerah yang tidak kunjung turun selama PPKM. Bahkan, kata dia, kasus kematian justru semakin meningkat.

"Bisa dicek apakah persentase rata-rata kematian di Indonesia akibat Covid masih lebih tinggi dari persentase rata-rata kematian dunia. Jika iya, belum saatnya mendeklarasikan keberhasilan," kata Kurniasih dalam keterangannya, Selasa (3/8/2021).

Kurniasih juga menyoroti kasus kematian akibat isolasi mandiri. Ia lantas memaparkan data kematian akibat isolasi mandiri sejak Juni hingga 30 Juli 2021 yang sudah mencapai 2.835 kasus.


Corona Jawa-Bali Mulai Melandai, Puan: Upaya-upaya Pencegahan Tidak Boleh Surut

Menurutnya, hal tersebut bisa diantisipasi dengan menambah ruang perawatan. Ia pun memberi solusi agar pemerintah memanfaatkan fasilitas publik yang ada, seperti asrama haji sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19.

"Ada fenomena baru yaitu meningkatnya angka kematian saat isoman. Ini bisa dicegah dengan menambah ruang perawatan bukan hanya di RS tapi juga memaksimalkan asrama haji ata tempat lain yang representatif untuk menjadi RS darurat," ujarnya.

Elektabilitas Demokrat-PKS Tinggi, Oposisi Makin Kuat Jelang Pilpres 2024

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati