logo


Elektabilitas Demokrat-PKS Tinggi, Oposisi Makin Kuat Jelang Pilpres 2024

Demokrat dan PKS mengungguli parpol yang saat ini masuk ke barisan koalisi

4 Agustus 2021 04:30 WIB

Bendera Partai Demokrat.
Bendera Partai Demokrat. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Survei Institute for Democracy dan Strategic (Indostrategic) baru saja melakukan survei elektabilitas partai politik menjelang Pilpres 2024. Berdasarkan survei tersebut, elektabilitas partai-partai di luar pemerintahan Presiden Jokowi (partai oposisi) semakin menguat.

Direktur Eksekutif Indostrategic, Khaerul Umam mengatakan bahwa dua partai oposisi mengungguli elektabilitas sejumlah parpol yang saat ini masuk dalam barisan koalisi. Partai tersebut yakni Partai Demokrat yang menempati urutan ketiga  dengan nilai elektabilitas 8,9 persen. Kemudian Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menempati urutan keempat dengan elektabilitas sebesar 8,5 persen.

"Partai Demokrat berada di urutan ketiga yaitu 8,9 persen diikuti PKS," kata Umam dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (3/8/2021).


Pesawat Kepresidenan Dicat Ulang, Politikus Demokrat: Entah Maksudnya Apa

Sementara posisi teratas masih duduki oleh PDIP dengan elektabilitas sebesar 18,5 persen. Pada posisi kedua terapat Gerindra dengan perolehan suara sebanyak 11,5 persen.

Umam menyebut apabila survei tersebut kelak terbukti, maka Demokrat dan PKS akan menggeser parpol koalisi seperti Golkar, PKB, dan NasDem.

Diketahui pada Pilpres 2019 yang lalu, Demokrat hanya memperoleh suara 7,77 persen dengan posisi di urutan ke tujuh. Sementara PKS menempati posisi keenam dengan perolehan suara sebanyak 8,21 persen.

 

2 Politikus PDIP Kritik Jokowi dan Luhut, Demokrat: Kekhawatiran Penanganan Covid-19

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati