logo


Wapres AS Berkunjung ke Singapura dan Vietnam, AS Lawan Dominasi China di Asia Tenggara

Wakil Presiden AS Kamala Harris dijadwalkan berkunjung ke Singapura dan Vietnam pada bulan Agustus ini

3 Agustus 2021 21:15 WIB

Wapres AS Kamala Harris
Wapres AS Kamala Harris CNN

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Seorang pejabat di Kantor Kepresidenan Amerika Serikat mengatakan bahwa kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris ke Asia Tenggara akan memperkuat posisi AS di kawasan dan menegaskan bahwa AS akan terus mempertahankan aturan internasional di Laut China Selatan.

"Kami tidak ingin melihat sebuah negara mendominasi kawasan atau mengambil keuntungan dari situasi (ketidak-seimbangan) kekuatan untuk mengganggu kedaulatan negara lain," kata seorang pejabat Gedung Putih yang tidak disebutkan namanya kepada Reuters.

"Wakil Presiden (Kamala Harris) akan menekankan bahwa harus ada jalur bebas untuk perdagangan, di seluruh Laut China Selatan, dan tidak ada satu pun negara yang bisa (bertindak) tidak sopan terhadap hak negara lain," tambahnya.


Iran Batalkan Rencana Pertukaran Tahanan dengan AS

Harris dijadwalkan berkunjung ke Singapura dan Vietnam dalam beberapa hari ke depan, dimana itu merupakan kunjungan pertama Harris ke Asia Tenggara untuk melawan pengaruh China yang semakin meningkat.

Pejabat Gedung Putih itu menambahkan bahwa alasan dipilihnya Singapura dan Vietnam sebagai tujuan kunjungan Harris karena lokasi, ukuran perekonomian dan hubungan perdagangan serta kerjasama di sektor keamanan kedua negara tersebut dengan AS, terutama pada isu keamanan Laut China Selatan.

 

Banyak Warga Sipil jadi Korban, PBB Desak Militer Afghanistan dan Taliban Lakukan Gencatan Senjata

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia