logo


Prank Rp2 T Keluarga Akidi Tio, Ade Armando: Tak Merugikan Siapa-siapa

Ade menilai narasi 'pilih gubernur seiman' lebih menyesatkan ketimbang hoaks donasi fantastis dari pihak Akidi Tio.

3 Agustus 2021 16:04 WIB

Dosen Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia, Ade Armando.
Dosen Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia, Ade Armando. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Akademisi Ade Armando angkat bicara soal kasus hoaks sumbangan penanganan Covid-19 senilai Rp2 triliun dari keluarga Akidi Tio. Menurutnya, kabar bohong tersebut tidak merugikan siapapun.

Ade mengungkit narasi ‘wajib pilih gubernur seiman’ yang bergaung pada Pilgub 2017 lalu. Dosen UI itu menilai narasi itu lebih menyesatkan ketimbang kabar donasi fantastis dari pihak Akidi Tio.

“Prank Rp2 T sih tidak merugikan siapa-siapa. Bandingkan dengan prank ‘wajib memilih gubernur seiman’ yang menghancurkan bangsa,” cuitnya di akun Twitter @adearmando1, dikutip Selasa (3/8).


Desak Listyo Sigit Copot Kapolda Sumsel Terkait Sumbangan Akidi Tio, IPW: Mempermalukan Institusi Polri

Menurut Ade, pengusaha asal Tionghoa sudah sering berdonasi dengan nominal besar. Sebagai bukti, dia mengunggah berita berjudul ‘Para Konglomerat Bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Galang Dana Rp500 Miliar untuk Perangi Corona’.

“Memang sih ada prank. Tapi faktanya sih sumbangan pengusaha Tionghoa ya gede banget. Berita di bawah ini cuma satu peristiwa sumbangan  di bulan Juli. Kalau mau kumulatif sejak awal Corona ya udah triliunan. Mudah-mudahan pengusaha 'pribumi' ikut tergerak,” tulisnya di kicauan selanjutnya.

Kena Prank Sumbangan Rp2 T, Denny Siregar: Gue Salah karena Terlalu Percaya

Halaman: 
Penulis : Iskandar