logo


Situasi Semakin Memanas, Jerman Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan

Pengiriman kapal perang ke Laut China Selatan tersebut memperjelas bahwa Jerman tidak setuju dengan klaim teritorial China atas wilayah perairan tersebut

2 Agustus 2021 22:15 WIB

Peta Laut China Selatan
Peta Laut China Selatan Ist

BERLIN, JITUNEWS.COM - Pemerintah Jerman, pada Senin (2/8) telah mengirimkan sebuah armada kapal perangnya berlayar ke Laut China Selatan untuk bergabung dengan sejumlah negara barat lainnya yang tengah berupaya meningkatkan kehadiran militernya di kawasan Asia Pasifik, untuk menghadapi ambisi teritorial China.

Seperti diketahui, China selama ini mengklaim jika hampir seluruh wilayah Laut China Selatan merupakan wilayah teritorialnya. Klaim China tersebut menyulut ketegangan dengan sejumlah negara Asia Tenggara, termasuk Filipina, Vietnam dan Indonesia.

Sementara itu, Angkatan Laut AS, yang melawan klaim teritorial China, secara rutin melakukan operasi "kebebasan navigasi" di mana kapal mereka melewati beberapa pulau yang selama ini menjadi perebutan antara China dengan sejumlah negara. Sedangkan China sendiri mengecam misi AS tersebut, dengan mengatakan bahwa kehadiran AS tidak membantu mempromosikan perdamaian atau stabilitas di wilayah perairan tersebut.


Kedubes AS Minta Pemimpin Taliban Diadili atas Pembantaian Warga Sipil di Perbatasan Afghanistan-Pakistan

Dilansir dari Reuters, para pejabat di Berlin mengatakan angkatan laut Jerman akan tetap berpegang pada rute perdagangan umum, namun Jerman menegaskan bahwa kapal perangnya tidak diharapkan untuk berlayar melalui Selat Taiwan.

Meski demikian, dikirimkannya kapal perang itu merupakan sebuah tanda bahwa Jerman tidak menerima klaim teritorial China.

AS dan Inggris Tuduh Iran Pelaku Serangan Kapal Tanker Israel, Teheran Minta Bukti

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia