logo


AS dan Inggris Tuduh Iran Pelaku Serangan Kapal Tanker Israel, Teheran Minta Bukti

Juru bicara Kemenlu Iran mengecam tuduhan yang dilontarkan oleh menteri luar negeri AS dan Inggris terkait dugaan keterlibatan Iran dalam insiden serangan yang dialami oleh kapal tanker Israel

2 Agustus 2021 21:50 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh mengatakan bahwa klaim yang dilontarkan oleh AS dan Inggris tentang dugaan keterlibatan Iran dalam insiden serangan terhadap kapal tanker milik perusahaan Israel yang terjadi pada pekan lalu adalah tuduhan yang "tidak berdasar" dan "provokatif". Ia menegaskan bahwa Teheran akan segera merespon setiap provokasi terhadap kepentingan Iran secara tegas.

Dalam sebuah konferensi pers pada Senin (2/8), Khatibzadeh menuduh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengulangi klaim palsu yang sebelumnya dilontarkan oleh Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab tentang dugaan keterlibatan Iran dalam serangan 29 Juli di kapal tanker Israel. Khatibzadeh juga menilai pernyataan kedua menlu tersebut mengandung "kontradiksi, informasi palsu dan tuduhan provokatif."

"Iran sangat menyesal dan sangat mengutuk kedua negara itu atas tuduhannya," kata Khatibzadeh, dikutip Sputniknews.


Ogah Dipulangkan ke Negaranya, Atlet Olimpiade asal Belarus ini Dapat Perlindungan dari Polandia

Khatibzadeh menekankan bahwa Iran selama ini sudah terlibat dalam upaya penjagaan keamanan dan keselamatan pelayaran di kawasan Timur Tengah dan semua perairan internasional. Iran juga selalu siap untuk bekerja sama dalam memastikan keamanan maritim dengan negara-negara lain di kawasan.

Juru bicara itu juga menegaskan kembali bahwa Teheran membenci intervensi kekuatan non-regional di wilayah Teluk, dengan mengatakan kehadiran mereka dapat merusak stabilitas dan keamanan kawasan.

“Sangat disayangkan bahwa sementara negara-negara ini tetap diam dalam menghadapi serangan teroris dan sabotase kapal dagang Iran di Laut Merah dan perairan internasional, mereka telah membuat tuduhan palsu terhadap Republik Islam (Iran) dalam bias politik yang jelas," tambah pejabat itu.

Khatibzadeh menekankan bahwa jika Inggris dan AS memiliki bukti nyata keterlibatan Iran dalam insiden serangan kapal tanker tersebut, mereka harus segera menunjukkan buktinya.

Kedubes AS Minta Pemimpin Taliban Diadili atas Pembantaian Warga Sipil di Perbatasan Afghanistan-Pakistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia