logo


Ogah Dipulangkan ke Negaranya, Atlet Olimpiade asal Belarus ini Dapat Perlindungan dari Polandia

Seorang atlet lari asal Belarus menolak dipulangkan dan mencari perlindungan dari Kedutaan Besar Polandia di Jepang

2 Agustus 2021 21:15 WIB

Krystsina Tsimanouskaya (kanan), seorang pelari asal Belarus yang tidak mau dipulangkan ke negara asalnya
Krystsina Tsimanouskaya (kanan), seorang pelari asal Belarus yang tidak mau dipulangkan ke negara asalnya Reuters

TOKYO, JITUNEWS.COM - Seorang atlet lari asal Belarus yang ikut serta dalam Olimpiade Tokyo, menolak untuk pulang ke tanah airnya. Ia dikabarkan mendatangi kantor kedutaan besar Polandia di Jepang, pada Senin (2/8), sehari usai dirinya menolak untuk dipulangkan ke Belarus.

Krystsina Tsimanouskaya, 24 tahun, berencana untuk mencari suaka di Polandia karena situasi politik dan HAM yang semakin memburuk di Belarus sejak Presiden Alexander Lukashenko mengklaim kemenangannya pada pilpres 2020 lalu.

"Kepala pelatih mendatangi saya dan mengatakan bahwa ada perintah dari atasan untuk menghapus saya (dari daftar kontingen)," kata Tsimanouskaya kepada Reuters.


Israel Punya Bukti Keterlibatan Iran dalam Insiden Serangan Kapal Tanker di Lepas Pantai Oman

"Pada pukul 5 sore, mereka datang ke kamar saya dan menyuruh saya untuk berkemas, dan mereka membawa saya ke bandara," tambahnya.

Sesampainya di bandara, Tsimanouskaya menolak untuk naik ke pesawat terbang yang akan membawanya pulang. Ia langsung meminta perlindungan dari kepolisian Jepang yang mengamankan bandara.

"Saya tidak akan kembali ke Belarus," tegasnya.

Dalam pernyataan tertulis, pihak kontingen Belarus mengatakan bahwa Tsimanouskaya ditarik pulang karena ia menderita tekanan emosi selama bermain di Olimpiade.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Polandia Marcin Przydacz mengatakan bahwa pihaknya sudah menawarkan visa bagi Tsimanouskaya dan bahkan mengijinkannya untuk melanjutkan karir olahraganya di Polandia.

"Polandia siap membantu Kryscina Tsimanouskaya, seorang atlet Belarus yang diminta oleh rezim Lukashenko untuk kembali ke Minsk. Ia sudah ditawari (oleh Polandia) sebuah visa kemanusiaan dan bebas untuk melanjutkan karir olahraganya di Polandia jika ia berminat," kata Menlu Polandia dalam cuitan Twitter.

Seorang narasumber di Kementerian Dalam Negeri Ukraiana mengatakan bahwa suami Tsimanouskaya, Arseni Zhdanevich, sudah berhasil keluar dari Belarus dan masuk ke wilayah Ukraina, dan kemungkinan ia akan meneruskan perjalanannya ke Polandia untuk bertemu dengan Krystsina Tsimanouskaya.

Dapat Tender Pengadaan Vaksin untuk Uni Eropa, Pfizer dan Moderna Naikkan Harga Vaksin Covid-19 Buatannya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia