logo


Dapat Tender Pengadaan Vaksin untuk Uni Eropa, Pfizer dan Moderna Naikkan Harga Vaksin Covid-19 Buatannya

Dua perusahaan farmasi AS dikabarkan telah meningkatkan harga jual vaksin Covid-19 buatannya usai menerima pesanan dari Uni Eropa

2 Agustus 2021 20:21 WIB

Vaksin Covid-19 Moderna
Vaksin Covid-19 Moderna Reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dua perusahaan farmasi pengembang vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat, Pfizer dan Moderna, dikabarkan telah menaikkan harga vaksin Covid-19 buatan mereka usai menanda-tangani kontrak dengan Uni Eropa terkait pengadaan vaksin Covid-19. Dengan hal tersebut, kedua perusahaan diperkirakan akan meraup keuntungan miliaran dolar dari situasi pandemi.

Menurut laporan the Financial Times, dalam kontrak pengadaan vaksin bagi wilayah Uni Eropa, harga satu dosis vaksin Covid-19 buatan Pfizer terbarunya adalah €19,50 atau sekitar US$ 23 atau setara dengan Rp 333 ribu, dimana harga sebelumnya hanya €15.50 per dosis.

Sementara itu, harga satu dosis vaksin Moderna terbaru sekitar €21,50, naik €2,5 dari harga sebelumnya.


Adik Kim Jong-un Sebut Latihan Militer Gabungan AS-Korsel Bisa Rusak Hubungan Seoul-Pyongyang

Dengan peningkatan harga tersebut, Pfizer dan Moderna diprediksi meraup keuntungan puluhan miliar dolar dari hasil penjualan vaksin Covid-19.

The Financial Times memperkirakan Pfizer akan mendapatkan penghasilan hingga USD 33,5 miliar selama tahun 2021 ini, sedangkan Moderna diprediksi mendapat penghasilan USD 19,2 miliar.

Sementara itu, vaksin buatan Rusia, Sputnik V, yang merupakan vaksin Covid-19 pertama di dunia, hingga kini masih belum mendapatkan ijin penggunaan dari Badan Pengawas Obat Uni Eropa (EMA), meski vaksin tersebut sudah digunakan di 69 negara di dunia, termasuk beberapa negara anggota Uni Eropa.

 

Israel Punya Bukti Keterlibatan Iran dalam Insiden Serangan Kapal Tanker di Lepas Pantai Oman

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia