logo


Pakistan Tak Mampu Lagi Tampung Pengungsi asal Afghanistan

Penasihat keamanan nasional Pakistan menyatakan bahwa pihaknya saat ini sudah tak lagi mampu menampung para pengungsi asal Afghanistan

2 Agustus 2021 17:00 WIB

Perbatasan Pakistan-Afghanistan
Perbatasan Pakistan-Afghanistan Al Jazeera

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Penasihat Keamanan Nasional Pakistan Dr Moeed Yusuf, pada Minggu (1/8), mengatakan bahwa negaranya sudah tidak mampu menampung lebih banyak pengungsi dari Afghanistan. Hal itu ia sampaikan saat bertemu dengan sejumlah penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat.

"Beberapa zona aman bagi para pengungsi seharusnya dibangun di dalam wilayah Afghanistan. Sayangnya, wilayah Afghanistan sudah digunakan untuk aktivitas-aktivitas melawan Pakistan di masa lalu," ujarnya dalam konferensi pers yang digelar di Washington.

Seperti diketahui, situasi keamanan akibat meningkatnya pertempuran antara Taliban dan pasukan militer pemerintah di Afghanistan belakangan ini semakin memburuk usai Presiden AS Joe Biden mengumumkan tenggat waktu penarikan pasukan koalisi AS dari negara tersebut yang jatuh pada awal September mendatang.


Peralatan Sudah Mulai Usang, Rusia Tak Akan Gunakan Stasiun ISS mulai 2028

Akibat meningkatnya intensitas pertempuran tersebut, banyak warga Afghanistan dikabarkan berupaya mengungsi ke sejumlah negara tetangga, termasuk Pakistan. Pemerintah Pakistan sendiri juga mengatakan bahwa mereka saat ini sudah menampung lebih dari 3 juta pengungsi asal Afghanistan.

Sebelumnya, pemerintah Afghanistan menuding Pakistan sudah mengerahkan pasukan militernya untuk membantu perjuangan kelompok Taliban. Namun, tudingan tersebut langsung dibantah oleh Perdana Menteri Pakistan Imran Khan.

"Pakistan mendorong Taliban untuk melakukan negosiasi dengan AS terkait penyelesaian konflik di Afghanistan," tegas Imran Khan.

 

Peneliti Swiss Bilang Virus yang Sangat Mirip dengan Covid-19 Sudah Ada sejak 2013

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia