logo


Tanggapi Uki eks Noah, Gus Muwafiq Sebut Musik Jadi Alat Setan Apabila Melalaikan

Gus Muwafiq menyebut tidak masalah bermian musik apabila dijadikan media dakwah

2 Agustus 2021 09:51 WIB

Gus Muwafiq
Gus Muwafiq Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - KH Ahmad Muwafiq atau yang akrab disapa Gus Muwafiq turut menanggapi pernyataan Uki mantan personel band Noah yang menyebut musik adalah alat maksiat. Ia mengatakan bahwa musik bisa menjadi alat setan apabila dipegang oleh orang yang lalai sehingga melalaikan.

"Sekarang kita menyikapi ada orang yang mengatakan bahwa musik itu adalah alat maksiat, ya mungkin memang waktu dia pegang alat musik jadi maksiat, jadi nggak bisa generalisir, itu urusan dia," kata Gus Muwafiq seperti dilansir detikcom, Senin (2/8/2021).

Gus Muwafiq menyebut tidak masalah bermain musik apabila dijadikan media dakwah. Ia lantas mencotohkan Iwan Fals, Rhoma Irama, Grup Qasidah Nasida Ria yang menyukai musik. Ia pun mengatakan bahwa seni sudah ada jauh sebelum peradaban Islam.


Uki eks Noah: Musik itu Pintu Masuknya Maksiat

"Nah ketika manusia nggak cukup depak-depok lahirlah alat musik. Alat musik itu sesungguhnya alat untuk menutupi atau melengkapi kekurangan manusia," ujar Kiai yang suka bermain gitar itu.

Lebih lanjut, Gus Muwafiq mengaku sempat dilarang bermain gitar oleh orang tuanya. Bukan karena bid'ah, namun orang tuanya khawatir dia lupa mengaji.

"Bukan karena membid'ahkan musik tapi takut anaknya ini lupa ngaji," sambungnya.

Ia lantas menganalogikan bermain musik dengan makan daging kambing. Ia menyebut makan daging kambing haram bagi orang yang mempunyai masalah kesehatan seperti darah tinggi.

"Bagi orang darah tinggi sudah harus tahu bahwa dalam hukum pribadinya daging kambing haram walaupun bukan haram secara syar'i," pungkasnya.

Heboh Uki eks NOAH Sebut Musik itu Haram, Ini Pendapat Ustaz Derry Sulaiman

Halaman: