logo


Ingatkan Uki eks Noah, Ustaz Zacky Mirza: Jangan Ninggalin Musik, Tapi...

Ustaz Zacky Mirza sebut sebagian ulama memperbolehkan musik apabila tujuannya untuk meningkatkan keimanan kepada Tuhan.

2 Agustus 2021 07:00 WIB

Ustaz Zacky Mirza
Ustaz Zacky Mirza Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ustaz Zack Mirza turut menanggapi pandangan Uki mantan personel band Naoh yang menyebut musik adalah sesuatu yang haram dan harus ditinggalkan. Ia menjelaskan bahwa hukum muslim dalam Islam berbeda-beda oleh para ulama. Pasalnya, musik bukan sesuatu yang mutlak diharamkan dalam Islam seperti makan babi.

"Begitu banyak perbedaan kesamaan muslim ini dalam menilai satu hukum, hukum-hukum yang memang haram dan halalnya itu jelas-jelas mutlak, kalau dalam Islam ini kan makan daging babi, anjing, itu jelas-jelas haram," kata Ustaz Zacky Mirza di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Barat, Minggu (1/8/2021).

"Tapi ada beberapa hukum yang selisih pendapat. Masih ada khilafiyah, perbedaan pendapat satu ulama dengan ulama yang lain. Mazhab satu dengan yang lain, beda. Termasuk diantaranya adalah musik," sambungnya.


Uki eks Noah: Musik itu Pintu Masuknya Maksiat

Ustaz Zacky Mirza menjelaskan bahwa sebagian ulama mengatakan bahwa musik adalah haram. Namun, sebagian ulama lainnya memperbolehkan apabila tujuannya untuk meningkatkan keimanan kepada Tuhan.

"Contoh musik shalawat itu kan buat kita inget Allah. Tergantung orangnya sih, kalau segala syair dalam lagu, bahkan lagu cinta sekalipun, kalau kita bawa syair itu kepada Allah jadi indah," ungkap Ustaz Zacky Mirza.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pandangan seseorang terhadap musik berbeda-beda terganutng latar belakang, cara berpikir, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, ia mengingatkan kepada mantan musisi yang baru saja berhijrah, seperti Uki eks Noah agar tidak sepenuhnya memusuhi musik. Menurutnya, musik bisa dijadikan sebagai alat berdakwah.

"Apalagi dulu beliau konsen di musik. Kalau saya sih berharap buat teman-teman yang hijrah nggak ninggalin musik seutuhnya. Justru menjadikan musik sebagai dakwah, contoh Uje, di mana dia mampu menjadikan musik menjadi media dakwah. Kan keren," pungkasnya.

Heboh Uki eks NOAH Sebut Musik itu Haram, Ini Pendapat Ustaz Derry Sulaiman

Halaman: