logo


Perkuat Posisi di Indo-Pasifik, Wapres AS Segera Kunjungi Asia Tenggara

Wakil Presiden AS Kamala Harris dikabarkan akan segera melakukan kunjungan ke Singapura dan Vietnam pada Agustus mendatang

31 Juli 2021 12:15 WIB

Wapres AS Kamala Harris
Wapres AS Kamala Harris CNN

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke sejumlah negara Asia Tenggara pada Agustus mendatang, termasuk ke Singapura dan Vietnam, untuk memperkuat hubungan diplomatik AS di kawasan Indo-Pasidik. Hal itu disampaikan oleh kantor Kepresidenan AS pada Jumat (30/7).

Gedung Putih mengatakan bahwa Harris berkunjung ke Singapura atas undangan Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

"Presiden Biden dan Wakil Presiden Harris telah menjadikannya prioritas utama untuk membangun kembali kemitraan global kami dan menjaga keamanan negara kami, dan kunjungan mendatang ini melanjutkan pekerjaan itu - memperdalam keterlibatan kami di Asia Tenggara," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, dikutip CNA.


Kapal Tanker Israel Kembali Hadapi Serangan, Ulah Perompak atau Iran?

Rencana kunjungan tersebut juga dikonfirmasi oleh pemerintah Singapura.

"Kunjungan wakil Presiden (Kamala) Harris akan memperkuat hubungan diantara dua negara kita," kata juru bicara pemerintah Singapura, dikutip CNA.

Ia menambahkan bahwa Kamala Harris juga akan membahas mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk mempererat kerjasama bilateral di berbagai sektor, termasuk pertahanan, keamanan siber, perdagangan digital, perubahan iklim dan respon global terhadap situasi pandemi.

Sementara itu, PM Singapura mengaku sangat bergembira dengan kunjungan pertama wakil presiden AS ke negaranya.

“Saya menantikan diskusi kita untuk memperkuat kerja sama bilateral dan bekerja sama dalam menghadapi tantangan global seperti pandemi COVID-19 dan perubahan iklim,” tambah Lee.

 

Fasilitas PBB di Afghanistan jadi Sasaran Serangan, Ulah Taliban?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia