logo


Fasilitas PBB di Afghanistan jadi Sasaran Serangan, Ulah Taliban?

Fasilitas PBB yang berlokasi di provinsi Herat pada Jumat (30/7) menjadi sasaran serangan, dimana pihak pelaku sejauh ini belum terungkap.

31 Juli 2021 11:45 WIB

Militer Afghanistan
Militer Afghanistan istimewa

KABUL, JITUNEWS.COM - Badan penyalur bantuan PBB untuk Afghanistan (UNAMA), mengatakan bahwa kompleks utama PBB yang berada di provinsi Herat pada Jumat (30/7) telah menjadi sasaran serangan dimana seorang petugas keamanan di fasilitas tersebut tewas. UNAMA menyebut serangan itu dilakukan oleh "unsur-unsur anti pemerintah" Afghanistan.

Sejumlah pejabat UNAMA mengatakan bahwa dalam aksinya, para pelaku menggunakan sejumlah persenjataan berat seperti peluncur granat dan senjata api lain. Insiden tersebut terjadi beberapa jam setelah pejuang Taliban terlibat pertempuran hebat dengan pasukan militer Afghanistan di provinsi Herat.

Dalam sebuah pernyataan setelah serangan itu, PBB mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan proses investigasi guna mengungkap siapa pelaku serangan itu.


AS Jatuhkan Sanksi terhadap Kepolisian Kuba, Joe Biden: Dukungan kepada Warga Kuba

“Serangan terhadap fasilita PBB ini sangat disayangkan dan kami mengutuknya dengan keras,” kata Deborah Lyons, Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Afghanistan, dikutip Channel News Asia.

Sementara itu, juru bicara Taliban mengatakan bahwa seorang petugas keamanan di fasilitas PBB tersebut tewas usai ditembak dari jarak dekat.

"Ada kemungkinan bahwa penjaga bisa mengalami cedera dalam baku tembak karena dekatnya jarak (penembakan) dari kantor ke pertempuran," kata juru bicara pemberontak, Zabihullah Mujahid, di Twitter.

Dia menambahkan bahwa pejuang Taliban telah "tiba di tempat kejadian" setelah insiden terjadi dan mereka tidak melihat jika kompleks itu "berada di bawah ancaman".

Kapal Tanker Israel Kembali Hadapi Serangan, Ulah Perompak atau Iran?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia