logo


Kapal Perang Inggris Berlayar di Laut China Selatan, Beijing Akan Lakukan Tindakan

Juru bicara Kemenhan China mengatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan tindakan yang diperlukan untuk merespon kehadiran armada kapal perang Inggris di Laut China Selatan

31 Juli 2021 10:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi reuters

BEIJING, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian, telah memperingatkan bahwa Beijing akan mengeluarkan tindakan untuk merespon peningkatan aktivitas militer Inggris di Laut China Selatan.

Dalam sebuah konferensi pers yang digelar pada Jumat (30/7), Wu Qian mengatakan bahwa pihaknya mengecam pelayaran armada kapal perang Inggris yang dapat memicu kontroversi.

"Tindakan tersebut seharusnya tidak pernah dicoba untuk merusak stabilitas perdamaian kawasan, termasuk kolaborasi militer terbaru dari Inggris dan Jepang. Angkatan Laut China akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk merespon perilaku itu," kata Wu, dikutip Sputniknews.


UNICEF Bilang Lebih dari 100.000 Anak di Tigray Terancam Alami Malnutrisi

Senada dengan pernyataan Wu tersebut, media China The Global Times juga menyebut kehadiran armada perang Inggris di Laut China Selatan sangat berbahaya.

"Jika London mencoba untuk menggelar kehadiran militer di kawasan dengan kepentingan geo-politik, maka mereka tidak hanya akan mengganggu status quo di kawasan...dan jika ada aksi melawan China, mereka hanya akan mencari kekalahan," tulis media tersebut.

Sementara itu, seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris sebelumnya sudah menegaskan bahwa Armada HMS Queen Elizabeth melakukan pelayaran ke Laut China Selatan sesuai dengan undang-undang internasional.

Dubes RI untuk Rusia Optimis Vaksin Sputnik V Dapat Digunakan di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia