logo


Dapat Visa Khusus, 200 Orang Pengungsi Afghanistan Tiba di AS

Sekitar 200 orang pengungsi Afghanistan dikabarkan sudah tiba di Amerika Serikat, pada Jumat (30/7)

30 Juli 2021 21:00 WIB

Patung Liberty
Patung Liberty istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Sekitar 200 warga negara Afghanistan yang sebelumnya bekerja untuk Amerika Serikat selama masa konflik atau mereka yang beresiko menjadi sasaran serangan Taliban, pada Jumat (30/7) sudah tiba di Amerika Serikat.

Operasi evakuasi warga Afghanistan terpaksa dilakukan oleh AS seiring dengan meningkatnya tindak kekerasan dan pertempuran yang terjadi antara Taliban dengan pasukan militer Afghanistan, menjelang penarikan seluruh personil tentara AS yang tersisa di negara tersebut.

Nantinya, warga negara Afghanistan tersebut akan menerima Visa Khusus (SIV) dari pemerintah AS. Mereka juga diijinkan untuk membawa seluruh anggota keluarganya untuk tinggal dan memulai hidup baru di AS.


Dituduh Bantu Taliban, PM Pakistan: Omong Kosong

"Kedatangan (pengungsi Afghanistan) ini merupakan yang pertama...Kami akan terus berupaya merelokasi warga Afghanistan yang dapat menerima SIV untuk segera keluar dari bahaya, ke wilayah AS, ke sejumlah fasilitas AS di luar negeri atau ke negara ketiga...sehingga mereka dapat menunggu proses permohonan visa mereka dengan aman," kata Presiden AS Joe Biden dalam pernyataan tertulis, dikutip Reuters.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan babwa AS akan terus mendukung warga Afghanistan dengan berbagai peralatan yang ada seperti dukungan ekonomi dan jalur diplomatik, setelah pasukan AS keluar dari negara tersebut.

Banyak Warga Langgar Prokes, Pasukan Militer Dikerahkan Awasi Pemberlakuan Lockdown di Sydney

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia