logo


Laporan Badan Kesehatan AS Bilang Varian Covid-19 Delta Mudah Menyebar seperti Cacar Air

Sebuah dokumen CDC mengatakan bahwa varian Covid-19 Delta lebih mudah menyebar dibanding dengan sejumlah virus lainnya, seperti SARS, MERS, Ebola, Influenza, dan Cacar.

30 Juli 2021 20:15 WIB

Virus Corona Covid-19
Virus Corona Covid-19 kompas.com

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Menurut sebuah dokumen internal milik Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular AS (CDC), virus Covid-19 varian Delta sangat mudah ditularkan, sama seperti cacar air, dan dapat menyebabkan gejala yang lebih berat.

Dilansir dari The New York Times, varian tersebut juga kemungkinan dapat menurunkan efikasi vaksin, sehingga pihak CDC pada Selasa pekan ini meminta warga yang sudah mendapat suntikan vaksin untuk kembali menggunakan masker saat berada di tempat umum. Keputusan CDC tersebut diambil berdasarkan laporan dokumen itu.

Sebelumnya, CDC sempat mengijinkan warga yang sudah mendapat suntikan vaksin untuk tidak menggunakan masker saat berada di tempat umum indoor, seperti swalayan dan restoran.


Ucapan Luhut Soal 'Sekarang Kita Ngerti Tracing Penting' Jadi Sorotan, Ini Penjelasan Jubir

Namun, menurut pernyataan para pakar kesehatan yang dikutip oleh The New York Times, mereka masih meyakini jika vaksin masih sangat efektif dalam mencegah pemburukan gejala, sehingga seseorang yang sudah divaksin yang kemudian terinfeksi Covid-19 bisa menjalani perawatan mandiri di rumah.

Laporan CDC juga mengatakan bahwa varian Covid-19 Delta lebih mudah menyebar dibanding dengan sejumlah virus mematikan lainnya yang menyebabkan penyakit MERS, SARS, Ebola, Influenza dan cacar.

Dokumen tersebut juga menyatakan bahwa langkah berikutnya yang harus diambil oleh CDC adalah untuk "memahami bahwa perang telah berubah", sehingga mereka harus segera merilis data informasi tambahan terkait varian Delta.

 

Presiden Israel Sudah Dapatkan Suntikan Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia