logo


Usai Presiden China Berkunjung ke Tibet, India Kirim Skuadron Jet Tempur Rafale ke Perbatasan

India dikabarkan telah memposisikan sejumlah pesawat tempur Rafale ke wilayah perbatasan dengan China untuk memperkuat kemampuan mereka dalam menghalau pergerakan musuh

29 Juli 2021 20:15 WIB

Jet Rafale
Jet Rafale istimewa

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Angkatan Udara India (IAF) dikabarkan telah mengerahkan sejumlah pesawat tempur Rafale ke pangkalan militer Hasimara yang terletak sekitar 300 kilometer dari wilayah Tibet. Upacara penyambutan pesawat tempur tersebut dihadiri oleh Kepala Angkatan Udara India Rakesh Kumar Singh Bhadauria.

"Upacara penyambutan (pesawat tempur) Rafale telah direncanakan secara hati-hati di Hasimara, mengingat pentingnya upaya memperkuat kapabilita IAF di sektor timur," kata Bhadauria, dikutip Sputniknews.

Ia mengaku optimis jika skuadron pesawat tempur tersebut akan mendominasi di kawasan perbatasan dengan China tersebut, kapanpun diperlukan, serta mampu mengintimidasi pihak musuh.


Bertemu dengan Oposisi Belarusia di Gedung Putih, Joe Biden: Saya Merasa Terhormat

Menurut sebuah pernyataan yang dirilis pada Rabu (27/7), Menteri Pertahanan India, Ajay Bhatt, mengatakan bahwa India sejauh ini sudah menerima 26 unit dari 36 unit pesawat tempur Rafale yang sebelumnya mereka pesan dari perusahaan Perancis, Dassault Aviation.

"Proses pengiriman 36 pesawat tempur Rafale tersebut sudah sesuai dengan jadwal," kata Bhatt.

Pengerahan sejumlah pesawat tempur Rafale tersebut dilakukan beberapa hari usai Presiden China Xi Jinping melakukan kunjungan pertamanya ke Tibet, sejak ia dilantik sebagai presiden China pada 2012 lalu, atau kunjungan pertama pemimpin pemerintahan China pertama dalam 31 tahun terakhir.

 

AS Kirim Kapal Perangnya untuk Transit di Selat Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia