logo


Veronica Koman Sebar Video Polisi Pukul Warga Nabire, Polda Papua: Kasus Sudah Tuntas

Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan bahwa oknum polisi tersebut saat ini sedang menjalani pemeriksaan oleh pengawas Propam

29 Juli 2021 17:30 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. net

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mushthofa Kamal mengatakan bahwa oknum polisi yang memukul warga Papua saat dalam kegiatan pemungutan suara ulang (PSU) di Nabire pada Rabu (28/7/2021) telah ditahan.

"Sudah ditahan," kata Kombes Ahmad Musthofa Kamal sepert dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (29/7/2021).

Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan bahwa oknum polisi tersebut saat ini sedang menjalani pemeriksaan oleh pengawas Propam (Profesi dan Pengamanan). Meski tidak menjelaskan secara detail terkait kronologi oknum polisi yang memukul warga Papua, ia menegaskan bahwa kasus sudah tuntas.


Minta Maaf atas Insiden Oknum TNI AU Injak Kepala Warga Papua, Stafsus Jokowi Pahami Perasaan Disabilitas

"Sudah tuntas, sudah tuntas," ujarnya.

Sebelumnya, Pengacara publik dan aktivis HAM, Veronica Koman menyebarkan video yang memperlihatkan tindakan pemukulan yang dilakukan oleh aparat kepolisian terhadap warga Papua. Ia menyesalkan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian tersebut. Menurutnya, kekerasan terjadi akibat dari tindakan rasial terhadap warga di Bumi Cendrawasih itu.

"Saya pikir kasus apapun itu, tidak benar memperlakukan orang seperti itu karena merupakan penyalahgunaan wewenang dan arogansi aparat. Apalagi terhadap orang Papua, itu akibat dari rasisme yang inheren dan sistemik sehingga ringan untuk dehumansasi mereka," kata Veronica Koman, Rabu (28/7/2021).

Tak Takut Disomasi Veronica Koman soal TNI Injak Kepala, Kemenkumham: Kita Hormati Haknya

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati