logo


Juliari Dituntut 11 Tahun Penjara, Ini Penjelasan KPK

Ali mengatakan bahwa Jaksa KPK memiliki alasan kuat menuntut Juliari 11 tahun penjara

29 Juli 2021 14:29 WIB

Juliari P Batubara
Juliari P Batubara Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Eks Menteri Sosial Juliari Batubara dituntut 11 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan bahwa tuntutan tersebut berdasarkan fakta-fakta hasil persidangan.

"Dalam menuntut terdakwa, tentu berdasarkan fakta-fakta hasil persidangan perkara dimaksud bukan karena pengaruh adanya opini, keinginan maupun desakan pihak mana pun," kata Ali kepada wartawan, Kamis (29/7).


Juliari Dituntut 11 Tahun Penjara, Pengamat: Minimal Seumur Hidup atau Hukuman Mati

"Pertimbangan alasan memberatkan dan meringankan juga menjadi dasar dalam menuntut baik pidana penjara, uang pengganti, maupun denda dan pencabutan hak politik," lanjutnya.

Ali mengatakan bahwa Juliari dijerat pasal suap yang ancaman pidana maksimal seumur hidup, bukan Pasal 2 ayat (2) UU Tipikor yang ada hukuman mati.

"Perlu kami tegaskan kembali, dalam perkara ini terdakwa dituntut terkait pasal suap, bukan Pasal 2 ayat (2) UU Tipikor. Penerapan pasal tentu karena berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil penyidikan," jelasnya.

Ali mengatakan bahwa Jaksa KPK memiliki alasan kuat menuntut Juliari 11 tahun penjara.

"Jaksa KPK tentu juga memiliki dasar hukum kuat dalam menuntut uang pengganti terhadap terdakwa Juliari P Batubara ini, dan kami berharap majelis hakim akan mengabulkan seluruh tuntutan tim JPU," kata Ali.

Anies Bungkam Saat Ditanya soal Rencana Pemanggilan oleh KPK, Denny Siregar: Biasanya Penuh Pantun

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata