logo


AS Kirim Kapal Perangnya untuk Transit di Selat Taiwan

Situasi ketegangan di Laut China Selatan dan Selat Taiwan belakangan ini semakin panas seiring dengan meningkatnya aktivitas militer China dan AS di wilayah tersebut

29 Juli 2021 12:01 WIB

Selat Taiwan
Selat Taiwan istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Sebuah kapal perang AS, USS Benfold, dilaporkan melakukan transit di Selat Taiwan pada Rabu (28/7). Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan bahwa transit tersebut dilakukan sesuai dengan undang-undang internasional.

"Kapal penghancur kelas Arleigh Burke, USS Benfold melakukan sebuah kegiatan transit rutin di Selat Taiwan pada 28 Juli melalui wilayah perairan internasional sesuai dengan undang-undang internasional," kata Angkatan Laut AS dalam pernyataan tertulisnya, dikutip Sputniknews.

Mereka mengatakan bahwa kegiatan tersebut menunjukkan bahwa AS terus berkomitmen terhadap terciptanya sebuah kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. AS juga akan terus mengoperasikan armada militernya di semua tempat di seluruh dunia, tanpa melanggar aturan internasional.


AS Tak Bisa Jamin Akan Tetap Patuh pada Perjanjian Nuklir Iran, Khamenei: Pengecut

Pada Juni lalu, transitnya kapal perang AS USS Curtis Wilbur di Selat Taiwan sudah menuai kecaman dan amarah dari pemerintah China. Juru bicara militer China, Zhang Chunhui, menyebut jika aktivitas militer AS tersebut sudah merusak stabilitas, perdamaian dan situasi keamanan kawasan.

Kapal USS Benfold juga diketahui beroperasi di Laut China Selatan pada Juli lalu, dimana Beijing menyebut jika kapal tersebut sudah memasuki wilayah teritorinya secara ilegal.

Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman beberapa hari lalu juga dikabarkan telah bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintah China, termasuk dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi. Dalam kesempatan tersebut, Sherman menyampaikan kekhawatiran AS mengenai peningkatan aktivitas militer China di Selat Taiwan, yang merupakan ancaman besar bagi Taipei.

 

Bertemu dengan Oposisi Belarusia di Gedung Putih, Joe Biden: Saya Merasa Terhormat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia