logo


Disebut Segera Bentuk Pasukan Militer Gabungan dengan Azerbaijan, Begini Klarifikasi Parlemen Turki

Sebuah media Azerbaijan melaporkan bahwa Turki dan Azerbaijan tengah melakukan negosiasi terkait pembentukan pasukan militer gabungan. Namun, laporan tersebut langsung dibantah oleh juru bicara Parlemen Turki

28 Juli 2021 19:45 WIB

Sejumlah personil Angkatan Udara Azerbaijan dan Turki
Sejumlah personil Angkatan Udara Azerbaijan dan Turki Sputniknews

ANKARA, JITUNEWS.COM - Juru bicara Parlemen Turki, Mustafa Sentop, pada Rabu (28/7) membantah laporan yang menyebut bahwa Turki tengah terlibat negosiasi dengan Azerbaijan terkait pembentukan pasukan militer gabungan. Ia mengatakan bahwa kedua negara hanya berencana untuk menggelar latihan militer secara bersama-sama.

Sebelumnya, kantor berita Azerbaijan, Oxu.Az, dikabarkan telah salah menerjemahkan pernyataannya, dimana hal itu menyebabkan kesalah-pahaman. Padahal, saat ditanya oleh seorang jurnalis, terkait rencana pembentukan pasukan militer gabungan Turki-Azerbaijan, Sentop hanya menjawab bahwa kedua negara saat ini tengah menggelar kegiatan latihan tempur bersama.

"Kami juga berencana untuk menggelar kegiatan dalam wilayah kerjasama militer. Kami berupaya untuk mencapai kesepakatan. Satu bangsa - dua negara adalah moto kami. Banyak negosiasi yang sudah dilakukan dan banyak perjanjian yang sudah disepakati terkait hal ini," kata Sentop, dikutip Sputniknews.


Joe Biden Minta Alokasi Anggaran Hingga USD 1 Miliar untuk Relokasi Warga Afghanistan

Turki sendiri diketahui menyampaikan dukungan kuatnya bagi Azerbaijan selama eskalasi konflik Nagorno-Karabakh. Namun, Azerbaijan menegaskan bahwa mereka tidak mendapat bantuan militer dari Turki atau negara lain dalam konflik dengan Armenia tersebut. Azerbaijan juga mengatakan bahwa mereka siap untuk melindungi kepentingan nasionalnya secara mandiri.

Azerbaijan juga secara resmi membantah laporan yang menyebut Turki berencana membangun tiga pangkalan udara di wilayah teritorialnya.

Bertemu dengan Menlu China, Delegasi Taliban Bahas Situasi Keamanan Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia