logo


Sesalkan Tindakan Rasial Terhadap Orang Papua, Veronica Koman Sebar Video Polisi Pukul Warga

Veronica mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi saat pemungutan suara ulang (PSJU) di wilayah Nabire, Papua.

28 Juli 2021 18:59 WIB

veronica koman
veronica koman ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengacara publik dan aktivis HAM, Veronica Koman baru-baru ini menyebarkan video yang memperlihatkan tindakan pemukulan yang dilakukan oleh aparat kepolisian terhadap warga Papua. Meski tidak menjelaskan secara detail terkait kronolgi peristiwa tersebut, Veronica mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi saat pemungutan suara ulang (PSJU) di wilayah Nabire, Papua.

Veronica mengaku menyesalkan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian terhadap warga Papua. Menurutnya, tindakan tersebut akibat dari tindakan rasial terhadap warga di Bumi Cendrawasih itu.

"Saya pikir kasus apapun itu, tidak benar memperlakukan orang seperti itu karena merupakan penyalahgunaan wewenang dan arogansi aparat," kata Veronica Koman seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (28/7/2021).


Somasi Pemerintah RI Terkait Kasus TNI Injak Kepala, Veronica Koman Bakal Ngadu ke PBB

"Apalagi terhadap orang Papua, itu akibat dari rasisme yang inheren dan sistemik sehingga ringan untuk dehumansasi mereka," sambungnya.

Diketahui, dalam video yang beredar tersebut terlihat dua anggota polisi membawa warga Papua untuk masuk ke dalam mobil. Namun sampai di depan mobil, warga tersebut terlihat menghentikan langkahnya. Tidak jelas alasan apa yang membuat angota polisi membawa warga tersebut, namun tiba-tba anggota polisi langsung memukul kepala warga tersebut dan mendorongnya untuk naik ke dalam mobil.

 

Kecam Oknum TNI AU Injak Kepala Warga Disabilitas, Arie Kriting: Rakyat Bukan Lawan Tapi Kawan!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati