logo


Somasi Pemerintah RI Terkait Kasus TNI Injak Kepala, Veronica Koman Bakal Ngadu ke PBB

Veronica Koman berencana melaporkan Pemerintah Indonesia ke Komite Penghapusan Diskriminasi Rasial, Perserikatan Bangsa-Bangsa

28 Juli 2021 15:30 WIB

Veronica Koman
Veronica Koman twitter.com/veronicakoman

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Aktivis HAM Papua, Veronica Koman akan melayangkan somasi kepada Pemerintah Republik Indonesia terkait kasus oknum TNI AU yang menginjak kepala warga Papua. Ia berencana melaporkan Pemerintah Indonesia ke Komite Penghapusan Diskriminasi Rasial, Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN-CRED/United Nation-The Committee on the Elimination of Racial Discrimination).

"Itu somasi saya untuk Pemerintah Indonesia. Begitu kedua prajurit ini dimulai prosesnya di peradilan militer, saya akan layangkan laporan ke UN-CERD," kata Veronica seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (28/7/2021).

Veronica meminta agar dua prajurit TNI yang menginjak kepala warga Papua diadili di pradilan umum. Selain itu, kata dia, juga perlu diusut terkait dugaaan perilaku diskriminasi dalam peristiwa tersebut.


Oknum TNI AU Injak Kepala Warga Papua, Golkar: Situasi di Sana Sangat Sensitif

"Tuntutan saya dua: diadili di peradilan umum dan atas pasal diskriminasi rasial," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan menyuarakan isu-isu rasial dan diskriminasi dalam somasi tersebut ke PBB.

"Untuk membuka mata internasional bahwa Pemerintah Indonesia ini tidak pernah mau dan bisa serius untuk menyelesaikan problem rasisme sistemik terhadap orang Papua," pungkasnya.

Kecam Tindakan Kekerasan Oknum TNI AU Terhadap Warga Papua, PAN: Keterlaluan dan Diluar Prosedur

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati