logo


Taliban Mengaku Berhasil Tembak Jatuh Helikopter Militer Afghanistan

Juru bicara Taliban mengklaim jika para pejuang Taliban berhasil menembak jatuh helikopter milik pasukan militer Afghanistan, dimana serangan tersebut juga menewaskan sejumlah orang

27 Juli 2021 20:30 WIB

Pejuang Taliban
Pejuang Taliban AFP

KABUL, JITUNEWS.COM - Kelompok militan Taliban mengklaim bahwa pihaknya telah menembak jatuh sebuah helikopter milik pasukan militer Afghanistan di wilayah provinsi Helmand yang terletak di Afghanistan selatan. Hal itu disampaikan oleh salah satu juru bicara kelompok militan tersebut, Zabihullah Mujahid, pada Selasa (27/7).

"Di dekat pusat distrik Nad-e-Ali di provinsi Helmand, sebuah helikopter militer Afghanistan berhasil ditembak jatuh oleh militan Taliban. Kami juga menduduki pusat distrik Nad-e-Ali dan menangkap kepala kepolisian setempat," tulis Mujahid dalam postingan Twitter.

Ia menambahkan bahwa banyak orang di pihak Afghanistan yang tewas ataupun terluka dalam serangan tersebut, dan pihaknya juga berhasil merebut amunisi dan persenjataan.


70 Persen Warga Dewasa Uni Eropa Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Namun, kantor berita Afghanistan, Pajhwok, melaporkan bahwa sejumlah sumber militer mereka mengatakan jika helikopter tersebut tidak ditembak jatuh oleh Taliban, melainkan melakukan pendaratan darurat karena mengalami kerusakan teknis usai digunakan dalam sejumlah operasi militer terhadap Taliban.

Menurut militer Afghanistan, insiden tersebut tidak menimbulkan satu pun korban tewas, dimana seluruh penumpang berhasil dievakuasi dan helikopter tersebut hancur.

Seperti diketahui, intensitas pertempuran antara Taliban dengan pasukan militer Afghanistan belakangan ini semakin meningkat. Taliban terus melakukan pergerakan ofensif untuk merebut dan menduduki lebih banyak wilayah di negara tersebut.

 

Menhan AS Janji Upayakan Perbaikan Hubungan Washington-Beijing

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia