logo


Menhan AS Janji Upayakan Perbaikan Hubungan Washington-Beijing

Menteri Pertahanan AS mengatakan bahwa ia berkomitmen untuk mengupayakan hubungan yang konstruktif antara AS dan China

27 Juli 2021 20:00 WIB

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin reuters

SINGAPURA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Austin Lloyd pada Selasa (27/7) mengatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk memperbaiki hubungan AS dengan China secara konstruktif, yang selama beberapa tahun belakangan ini mencapai titik terendahnya.

Dalam sebuah pidatonya yang ia sampaikan di Singapura, ia mengatakan bahwa AS selama ini sebenarnya tidak ingin mencari konfrontasi dengan China, meski terlibat ketegangan di sejumlah isu, termasuk isu Taiwan dan sengketa Laut China Selatan.

"Kami tidak akan gentar ketika kepentingan kami terancam. Namun kami tidak mencari konfrontasi," kata Austin dikutip Reuters.


Pyongyang dan Seoul Sepakat Perbaiki Hubungan dengan Lanjutkan Komunikasi Lintas Perbatasan

"Saya berkomitmen untuk mengejar hubungan yang konstruktif dan stabil dengan China, termasuk komunikasi krisis yang lebih kuat dengan Tentara Pembebasan Rakyat China," tambahnya.

Sejak dilantik sebagai Menteri Pertahanan Amerika Serikat pada Januari lalu, Austin sejauh ini belum melakukan pembicaraan secara langsung dengan pejabat senior China, khususnya mengenai upaya perbaikan hubungan bilateral yang semakin hari semakin memanas.

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri China Xie Feng telah meminta kepada Wakil Menlu AS Wendy Sherman untuk menyampaikan daftar permintaan China kepada pemerintah AS terkait upaya perbaikan hubungan bilateral.

"Dia (Sherman) akan menggarisbawahi bahwa kita tidak ingin persaingan yang kaku dan berkelanjutan itu berubah menjadi konflik. Setiap orang perlu bermain dengan aturan yang sama dan pada semua level playing field," kata Xie.

 

70 Persen Warga Dewasa Uni Eropa Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia