logo


Aturan 'Dine In' di Warung Cuma 20 Menit? Pakar Ingatkan Makan Buru-buru Picu 4 Hal Ini

Makan dalam kondisi buru-buru, salah satunya akan menyebabkan berat badan naik

27 Juli 2021 15:30 WIB

Ilustrasi makanan.
Ilustrasi makanan. Pixabay

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah telah resmi memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasn Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 sampai tanggal 2 Agustus 2021. Hal tersebut mengingat kasus Covid-19 di tanah air masih tinggi.

Pemerintah pun telah memberi kelonggaran PPKM dengan mengizinkan warung makan melayani makan di tempat atau 'dine in' dengan syarat menerapkan protokol kesehatan ketat dan dibatasi maksimal 20 menit.

Lantas, apakah waktu 20 menit cukup untuk makan di tempat? Para pakar kesehatan mengingatkan bahwa apapun kondisinya sebisa mungkin makan dalam keadaan tenang tanpa buru-buru. Apabila waktunya dirasa tidak cukup, maka sebaiknya mengurangi porsi makan dan sisanya bisa dibawa pulang.


Untuk Antisipasi, 5 Alat Kesehatan Ini Wajib Ada di Rumah

Dilansir dari Livestrong, para pakar mengingatkan efek samping yang ditimbulkan apabila makan dalam kondisi buru-buru.

1. Sakit perut

Makan telalu cepat akan memicu refluks asam lambung atau GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). Selain itu, dapat memicu gangguan pencernaan. Kondisi tersebut ditandai dengan perut yang terasa tidak nyaman dan begah.

2. Kehilangan sinyal lapar-kenyang

Makan dalam kondisi buru-buru dapat menghilangkan sinyal lapar dan kenyang. Rasa lapar dan kenyang pada dasarnya dikendalikan oleh otak. Namun pada saat makan terburu-buru, koneksi antara otak dan perut rentan mengalami gangguan.

3. Berat badan naik

Makan dalam kondisi buru-buru akan menyebabkan berat badan naik. Kondisi tersebut dalapt dilihat dalam jangka waktu yang relatif lebih lama. Para pakar mengatakan bahwa orang yang makan dalam keadaan santai memiliki kadar ghrelin atau hormon rasa lapar yang lebih rendah.

4. Penyakit kronis

Sebuah riset yang dilakukan oleh ahli jantung dari Hiroshima University, Dr Takayuki Yamaji menyatakan bahwa orang yang makan dalam kondisi buru-buru lebih rentan mengalami sindrom metabolik. Dengan demikian, kebiasaan makan dalam keadaan cepat dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Aturan Makan 20 Menit di Restoran, PAN: Akan Sulit untuk Diawasi

Halaman: