logo


Israel Peringatkan AS jika Iran Bakal Segera Mendapatkan Senjata Nuklir

Media Israel melaporkan bahwa sejumlah pejabat pemerintah Israel memperingatkan AS jika Iran tidak lama lagi akan mampu memproduksi senjata nuklir, dimana hal itu sangat bertentangan dengan perjanjian nuklir JCPOA

26 Juli 2021 09:30 WIB

Fasilitas pembangkit nuklir milik Iran
Fasilitas pembangkit nuklir milik Iran The Times of Israel

TEL AVIV, JITUNEWS.COM - Sejumlah pejabat Israel telah memperingatkan pemerintah Amerika Serikat bahwa Iran akan segera memperoleh senjata nuklir. Hal tersebut dilaporkan oleh sejumlah media Israel pada Minggu (25/7), dilansir dari Sputniknews.

Menurut The Times of Israel, Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid, Menteri Pertahanan Benny Gantz dan sejumlah pejabat senior lainnya telah mengeluarkan "peringatan yang tidak biasa" ke Washington, dimana mereka menyebut Iran saat ini terus berupaya menjadi negara penghasil nuklir. Hal itu disampaikan oleh seorang diplomat senior Israel yang tidak disebutkan namanya.

Sejak April lalu, kota Wina telah menjadi tuan rumah pertemuan informal dalam berbagai format yang bertujuan untuk mencegah kesepakatan nuklir Iran berantakan setelah AS melangkah keluar dari perjanjian JCPOA pada 2018 lalu dan kembali menjatuhkan sanksi keras terhadap Teheran yang mereka sebut sebagai "tekanan maksimum".


Pasca Banjir Bandang, China Kembali Dihantam Badai dengan Kecepatan Angin 137 Km/jam

Iran telah berulang kali bersikeras bahwa sanksi harus dicabut sejak awal. Tekanan ekonomi telah menggerogoti kehidupan warga biasa di Iran, terutama selama masa pandemi.

Pekan lalu, menteri pertahanan Israel mendesak pemerintah untuk lebih hati-hati dalam mempersiapkan skenario dimana Iran dapat memperoleh senjata nuklir, usai munculnya laporan dari militer Israel yang meminta lebih banyak anggaran militer untuk satu-satunya tujuan yaitu mempersiapkan serangan skala besar terhadap program nuklir Iran.

Jelang Penarikan Pasukan, AS Ancam Tingkatkan Intensitas Serangan Udara terhadap Taliban

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia