logo


Tetap Netral, Pakistan Tingkatkan Penjagaan Keamanan Wilayah Perbatasan dengan Afghanistan

Pakistan dikabarkan telah memperkuat penjagaan di wilayah perbatasan guna mencegah masuknya aliran pengungsi dari Afghanistan

25 Juli 2021 14:00 WIB

Perbatasan Pakistan-Afghanistan
Perbatasan Pakistan-Afghanistan Al Jazeera

ISLAMABAD, JITUNEWS.COM - Pakistan telah mengerahkan personel militernya di garis depan di sepanjang perbatasan dengan Afghanistan.

“Pasukan tentara reguler menjaga perbatasan setelah mengganti pasukan paramiliter”, kata Menteri Dalam Negeri Pakistan Sheikh Rashid Ahmed, dilansir Sputniknews.

“Situasi yang terus bergejolak saat ini [di Afghanistan] menuntut agar pasukan militer reguler dikerahkan di sepanjang perbatasan”, tambah Ahmed.


Ribuan Warga London Gelar Aksi Demo Anti Lockdown dan Wajib Vaksin Covid-19

Dalam sebuah wawancara dengan media Pakistan, Dawn, sang menteri mengatakan bahwa dalam situasi yang memburuk tersebut, pasukan militer Pakistan harus melakukan tindakan untuk mencegah masuknya pengungsi dari Afghanistan serta masuknya para pejuang militan Taliban ke Pakistan.

Ahmed menegaskan bahwa pihaknya tidak memihak siapa pun yang terlibat dalam perang Afghanistan.

"Pertarungan di dalam Afghanistan adalah masalah internal mereka, dan Pakistan tidak memihak dan tidak menjagokan (salah satu pihak)," tegasnya.

“Sudah saatnya para politisi Afghanistan dan kepemimpinan militer mereka belajar untuk menangani masalah mereka," lanjut Ahmed.

“Kami tidak ingin melihat bahwa tanah Pakistan digunakan dengan cara apa pun atau oleh pihak mana pun dalam konflik Afghanistan, dan kami telah meyakinkan kepemimpinan Afghanistan tentang kebijakan ini," tukasnya.

 

Washington Bakal Sesali Keputusan Penarikan Keluar Pasukan AS dari Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia