logo


Ungkap Sosok Penggagas Demo Jokowi End Game, Pakar Politik Beberkan Ciri-cirinya

Salah satunya adalah orang non parlemen yang terbiasa bersuara di media sosial.

24 Juli 2021 08:00 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Belakangan ini muncul poster ajakan demo dengan tajuk 'Jokowi End Game' di media sosial. Pada poster tersebut, penggagas mengajak masyarakat melakukan aksi unjuk rasa menolak PPKM yang rencananya akan diselenggarakan di Istana Negara, pada hari ini Sabtu (24/7/2021).

Lantas siapa sebenarnya penggagas demo 'Jokowi End Game' tersebut?

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengungkapkan ciri-ciri penggagas seruan demonstrasi tersebut. Menurutnya, mereka adalah orang non parlemen yang terbiasa bersuara di media sosial.


Ada Penurunan Mobilitas Saat PPKM, Luhut Klaim DKI, Jateng, Jatim Lewati Puncak Kasus Covid

"Mereka yang sejak awal anti pemerintah. Terutama kelompok ekstra parlemen yang kanal penyaluran politik hanya bisa melalui jalanan," kata Adi seperti dilansir detikcom, Jumat (23/7/2021).

"Kelompok non parlemen ini selalu berdenyut melakukan protes. Terutama di medsos yang tak terbatas. Semua ekspresi politik mereka tumpahkan melalui media sosial. Meski jumlahnya kecil, tapi karena tiap hari melakukan propaganda terkesan gerakan perlawanan semacam ini besar," sambungnya.

Meski tidak menjelaskan secara detail siapa sosok yang dimaksud, ia mengatakan bahwa penggagas berasal dari kelompok yang menganggap pemerintah tidak mampu mengendalikan pandemi Covid-19.

"Bagi mereka yang anti pemerintah, ini saat yang tepat melancarkan serangan di saat pemerintah sedang pusing dan kesulitan hadapi pandemi dan persoalan yang menyertainya seperti dampak ekonomi," pungkasnya.

Kasus Kematian Covid Cetak Rekor, Epidemiolog Sebut Tak Ada Alasan Jokowi Longgarkan PPKM

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati