logo


Kasus Kematian Pasien Isoman Melambung Tinggi, Luhut: Penanganan Perlu Diperhatikan!

Luhut sebut selama ini pasien Covid-19 yang dibawa ke rumah sakit sudah dalam keadaan parah dengan saturasi oksigen 70 atau 80 persen.

24 Juli 2021 07:00 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan Kemenko Marves

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan turut menyoroti tingginya kasus kematian pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Menurutnya, perlu ada perhatian khusus bagi pasien yang menjalani isolasi di luar fasilitas kesehatan.

"Saya kira penanganan pasien yang isolasi mandiri itu perlu diperhatikan," kata Luhut dalam keterangan resminya, Jumat (23/7/2021).

Ia mengatakan bahwa selama ini pasien Covid-19 yang dibawa ke rumah sakit sudah dalam keadaan parah dengan saturasi oksigen 70 atau 80 persen. Padahal, kata dia, masa inkubasi dan masa sakit penderita Covid-19 khususnya varian Delta relatif cepat.


Demokrat Sindir Buzzer: Bantu Rakyat Disorot, Padahal di Depan Matanya Bansos Dikorupsi

"Pada umumnya yang dibawa ke rumah sakit itu sudah pada level yang parah," sambungnya.

Lebih lanjut, Luhut meminta agar Panglima TNI segera mengkoordinasikan kegiatan testing dan trecing. Ia meminta agar kegiatan tersebut dapat dilakukan minimal pada delapan kontak erat per pasien yang dicapai dalam 2 minggu ke depan.

"Kalau bisa, TNI segerakan proses testing, agar kita bisa membawa penderita ketika saturasi masih di atas 80 sehingga mereka masih bisa tertolong," ujarnya.

Ada Penurunan Mobilitas Saat PPKM, Luhut Klaim DKI, Jateng, Jatim Lewati Puncak Kasus Covid

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati