logo


AS Bakal Tarik Pasukannya dari Irak pada Akhir Tahun Ini

AS dan Irak saat ini tengah membicarakan mengenai rencana penarikan pasukan AS dari wilayah Irak

23 Juli 2021 16:45 WIB

Tentara AS di Irak
Tentara AS di Irak VoA

BAGHDAD, JITUNEWS.COM - Sejumlah pejabat Amerika Serikat dan Irak diharapkan untuk segera mengeluarkan pengumuman terkait penarikan pasukan AS dari wilayah Irak pada akhir tahun 2021 ini.

Sejumlah pejabat anonim yang mengetahui informasi ini mengatakan kepada The Wall Street Journal jika pejabat senior kedua negara telah mencapai kesepakatan bahwa fokus kerja sama antara Irak dengan AS perlu dirubah, dari yang awalnya melibatkan kehadiran pasukan militer diganti dengan peningkatan kerjasama intelijen.

Menteri Luar Netgeri Irak Fuan Hussein juga mengatakan bahwa negara Timur Tengah tersebut tidak lagi memerluka personil tentara dari luar negeri mengingat Irak saat ini sudah memiliki personil tentara yang cukup.


Presiden Israel Bilang Boikot terhadap Negaranya adalah Bentuk Terorisme Baru

"Apa yang kami butuhkan? Kami butuh kerja sama di bidang intelijen," tegasnya, dikutip Sputniknews.

Hussein juga melanjutkan bahwa mereka hanya perlu bantuan dari pasukan AS dalam hal pelatihan dan angkatan udara saja.

Sebelumnya, PM Irak Mustafa Al Kadhimi mengatakan bahwa Irak terus berupaya memperdalam kerjasama di sektor keamanan dengan AS dalam hal pelatihan pasukan militernya saja, dan tidak menginginkan pasukan tempur AS untuk tetap beroperasi di wilayahnya.

"Kami akan mengunjungi Washington untuk meningkatkan kerjasama kami dengan Amerika. Pasukan Irak masih memerlukan pasukan mereka (AS) untuk pelatihan. Kami perlu dukungan mereka terhadap angkatan udara kami, dan kami juga perlu dukungan intelijen mereka dalam melawan ISIS," kata Al Kadhimi, pada Minggu (18/7).

 

Pasukan AS Nggak Akan Bisa Hentikan Invasi Militer China ke Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia