logo


Krisis Oksigen di RS Purwakarta, Ridwan Kamil Ingatkan Pemda Sigap Melapor

Kang Emil sapaan akrabnya mengatakan bahwa krisis oksigen harusnya sudah terlewati

23 Juli 2021 07:00 WIB

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tiga pasien Covid-19 di RSU Holistic Purwakarta dinyatakan meningal dunia akibat kekurangan suplai oksigen pada Senin (19/7/2021). Pihak rumah sakit pun mengatakan bahwa pasien sebelumnya sudah diberikan pertolongan dan pemenuhan oksigen. Namun kapasitas terbatas karena RS kesulitan mencari suplai oksigen.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta kepala daerah memonitoring kebutuhan oksigen di setiap rumah sakit. Selain itu, pemda diminta sigap melapor kekurangan oksigen ke Satgas Oksigen Jabar .

"Sebenarnya seluruh kota/kabupaten itu sudah diberi hotline posko oksigen. Jawa Barat punya posko oksigen sehingga kalau ada kekurangan-kekurangan tinggal menghubungi ke sana saja," kata Ridwan Kamil dalam jumpa pers virtual, Kamis (21/7/2021).


Kasus Covid-19 Naik, Jokowi: Pemerintah Bekerja Keras untuk Memenuhi Kebutuhan Oksigen

Kang Emil sapaan akrabnya mengatakan bahwa krisis oksigen harusnya sudah terlewati. Pasalanya setiap daerah sudah memiliki posko oksigen. Hanya saja, kata dia, ada ketidakmerataan ketersediaan oksigen di rumah sakit.

"Secara umum kasus krisis oksigen ini sudah lewat kepanikannya, tidak merata tinggal satu dua," ujarnya.

Uang Jabar Hilang Rp5 T, Ridwan Kamil Akui Tak Mampu Beri Bansos ke Warga

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati