logo


Cegah Gelombang Pengungsi, Uni Eropa Segera Kirim Bantuan Finansial bagi Afghanistan

Meningkatnya pertempuran di Afghanistan membuat Uni Eropa khawatir banyak penduduk negara tersebut mencari suaka ke negara di kawasan dan masuk ke wilayah Eropa

22 Juli 2021 19:57 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Uni Eropa berencana untuk menyalurkan paket bantuan finansial kepada Afghanistan dan sejumlah negara di sekitarnya untuk mencegah meningkatnya gelombang pengungsi dari negara tersebut seiring dengan meningkatnya intensitas pertempuran antara militan Taliban dengan pasukan pemerintah Afghanistan.

Dalam rencana tersebut, nantinya paket bantuan finansial akan disalurkan kepada Afghanistan, Pakistan dan negara-negara di kawasan Asia Tengah, serta kemungkinan juga akan disalurkan kepada Iran.

Dilansir dari Reuters, seorang pejabat Uni Eropa mengatakan bahwa tujuan penyaluran tersebut akan untuk membantu warga Afghanistan tetap bertahan di wilayahnya dan tidak mencari suaka ke negara-negara anggota Uni Eropa.


Moskow Diminta Berikan Hukuman Penjara bagi Penyebar Propaganda Anti-Vaksin Covid-19

"Bantuan finansial tersebut tidak hanya mengalir ke Afghanistan tapi juga Pakistan dan kemungkinan juga ke Iran," ujar salah satu diplomat Uni Eropa yang tidak disebut namanya.

Ia mengatakan bahwa penyaluran bantuan tersebut akan dilakukan sesegera mungkin saat pemerintahan di Afghanistan masih belum jatuh ke pihak Taliban.

Sementara itu, top diplomat Uni Eropa, Josep Borrell pada pekan lalu sudah bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan di Tashkent, ibukota Uzbekistan. Melalui sebuah postingan blog-nya pada Rabu (21/7), Borrell mengatakan bahwa dirinya sudah mengajukan penawaran bantuan finansial bagi Afghanistan dan sejumlah negara di kawasan.

"Dukungan untuk Afghanistan di masa depan...akan tetap diberikan selama progres (sistem) demokrasi tetap terjaga," kata Borrell.

Dianggap Dukung Gerakan Pembangkangan, Sejumlah Dokter di Myanmar Ditangkap Junta Militer

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia