logo


Soal Satpol PP Jakarta Akan Dijadikan Penyidik, PDIP: Bisa Overacting

Kalau diberi kewenangan berlebih dikhawatirkan bisa membuat Satpol PP menyalahi wewenang

21 Juli 2021 16:44 WIB

Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto.
Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Politisi PDI Perjuangan, Darmadi Durianto mengaku prihatin dengan rencana Pemprov DKI Jakarta yang akan merevisi Perda Tentang Corona di DKI Jakarta.

Diketahui dalam draft revisi Perda tersebut tertuang adanya kewenangan bagi Satpol PP untuk menjadi penyidik pelanggaran Covid-19.

"Kalau diberi kewenangan berlebih dikhawatirkan bisa membuat Satpol PP menyalahi wewenang. Bisa semakin overacting," ujarnya di Jakarta, Rabu (21/07/2021).


Imbas BTS Meal, McDonald's Dilarang Bikin Promo yang Memicu Kerumunan

Anggota DPR ini menegaskan bahwa draft aturan tersebut berpotensi melahirkan penegak aturan dalam hal ini Perda yang bisa membuat masyarakat dalam kondisi tertekan.

"Akan timbul oknum Satpol PP yang bertindak sewenang-wenang, bisa menambah keresahan masyarakat. Tanpa wewenang tersebut saja sudah overacting," tegas Bendahara Megawati Institute itu.

Menurutnya, pola pendekatan yang mestinya dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam menegakan disiplin dimasa pandemi ini harusnya menggunakan pola pendekatan persuasif.

"Bukan represif. Berikan edukasi yang memadai kepada masyarakat agar patuh prokes, berikan teladan yang baik dari aparatur lapangannya bukan menghadirkan wajah penegakan yang menindas rakyat kecil,” kata dia.

”Ini bukan zaman kompeni, ini zamannya para abdi negara melindungi dan menghadirkan kenyamanan pada warganya," pungkasnya.

Sesalkan Satpol PP Gowa Pukul Ibu Hamil Saat Penertiban PPKM, Muhammadiyah: Arogansi Kekuasaan Harus Dihentikan!

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar