logo


Pertempuran Taliban-Afghanistan Meningkat, Rusia Perkuat Basis Militernya di Tajikistan

Meningkatnya intensitas pertempuran antara kelompok Taliban dengan pihak pemerintah Afghanistan di wilayah perbatasan membuat Rusia khawatir.

21 Juli 2021 17:30 WIB

Tank Rusia
Tank Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Rusia dikabarkan akan terus memperkuat basis militernya yang berada di dalam wilayah Tajikistan dengan mengirimkan 17 kendaraan tempur infanteri tambahan, guna menghadapi ancaman konflik yang terus berkecamuk di perbatasan Afghanistan.

Media Rusia, Interfax, pada Rabu (21/7) melaporkan bahwa pangkalan militer di Tajikistan tersebut akan menerima belasan tank jenis BMP-2 yang akan dikirim dari Rusia sebelum akhir bulan ini.

Komandan Distrik Tengah Militer Rusia, Alexander Lapin mengatakan bahwa kendaraan militer tambahan tersebut dapat meningkatkan kemampuan tempur unit pasukannya.


81 Kasus Infeksi Covid-19 Terdeteksi di Olimpiade Tokyo

Pada Selasa (20/7) sejumlah tank Rusia juga sudah diposisikan di wilayah perbatasan Tajikistan-Afghanistan, dimana militer Rusia dan Uzbekistan akan menggelar latihan tempur gabungan pada Agustus mendatang.

Sementara itu, para pejuang kelompok militan Taliban belakangan ini terus meningkatkan agresifitas mereka di sejumlah wilayah perbatasan Afghanistan seiring dengan ditariknya pasukan koalisi NATO dari negara tersebut.

Rusia khawatir meningkatnya pertempuran antara Taliban dengan pasukan pemerintah Afghanistan tersebut memicu gelombang pengungsian ke negara-negara di Asia Tengah sehingga berdampak buruk terhadap stabilitas kawasan.

Cegah Penularan Covid-19, Warga Australia Diminta Tak Mengobrol dengan Orang Lain di Tempat Umum

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia