logo


Soroti Rangkap Jabatan Rektor UI, Pakar Hukum UGM: Timbulkan Konflik Kepentingan

Menurutnya, perubahan statuta suatu kampus harus memperhatikan berbagai hal

21 Juli 2021 16:11 WIB

istimewa

SLEMAN, JITUNEWS.COM - Pakar hukum sekaligus Dekan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Prof Sigit Riyanto turut menanggapi perubahan aturan soal Statuta Unversitas Indonesia (UI) yang memperbolehkan Rektor UI rangkap jabatan di BUMN. Menurutnya, rangkap jabatan tersebut sangat berpotensi menimbulkan konflik kepentingan.

"Yang kita lihat hanya statuta yang diubah oleh pemerintah. Ya mestinya Majelis Wali Amanat (MWA) UI yang menjelaskan. Universitas lain justru harus mempertahankan otonominya dan menghindarkan diri dari konflik kepentingan. Rangkap jabatan di BUMN berpotensi menimbulkan konflik kepentinggan dan mengorbankan otonomi kampus," kata Sigit kepada wartawan, Rabu (21/7/2021).

Menurutnya, perubahan statuta suatu kampus harus memperhatikan berbagai hal, antara lain proses yang trasnparan dan melibatkan para pemangku kepentingan. Selain itu, perlu dipastikan otonomi suatu kampus yang kredibel, menghindarkan konflik kepentingan dan menjadi rujukan bagi pembangunan integritas institusi dan civitas akademiknya.


Kritik Pemanggilan BEM UI oleh Rektorat, Pemuda Muhammadiyah: Pengebirian Ekspresi

Lebih lanjut, ia mempertanyakan apakah statuta di kampus lain akan dirubah juga sebagaimana di UI. Ia mengingatkan bahwa pada umumnya statuta kampus melarang rektor rangkap jabatan.

"Apakah PP yang mengatur statuta universitas lain juga akan diubah oleh pemerintah seperti yang dilakukan terhadap PP tentang Statuta UI? Mengingat pada umumnya Statuta Universitas mencantumkan larangan rangkap jabatan," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko widodo resmi mengizinkan Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro merangkap jabatan sebagai komisaris di salah satu BUMN. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2021 tentang Statuta. Dengan demikian, Jokowi telah merubah aturan sebelumnya yakni PP Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta UI yang melarang rangkap jabatan rektor.

Tak Masalah Dijuluki King of Lip Service, Jokowi: BEM UI Sedang Belajar Mengekspresikan Pendapat

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati