logo


Tak Lagi PPKM Darurat, Kini Pemerintah Pakai Istilah PPKM Level 4

Pelonggaran PPKM Level 4 akan dilakukan bila kasus persebaran Covid-19 melandai pada 26 Juli 2021.

21 Juli 2021 09:15 WIB

PPKM Darurat
PPKM Darurat Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tak lagi digunakan oleh pemerintah. Pembatasan Jawa-Bali kini diberi nama PPKM Level 4 dan berlaku dari 21-25 Juli 2021.

Pelonggaran PPKM Level 4 akan dilakukan bila kasus persebaran Covid-19 melandai pada 26 Juli 2021. Aturan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021.

“Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali,” bunyi nama instruksi baru yang diteken Mendagri Tito Karnavian, Selasa (20/7).


Warga Nekat Salat Idul Adha di Masjid, Anies: Sadarilah Rumah Sakit Sudah Penuh!

PPKM Level 4 masih memberlakukan pembatasan yang berlaku selama PPKM Darurat. Misalnya, kerja dari rumah (work from home/WFH) 100 persen untuk sektor nonesensial. Adapun penutupan mal, pusat perbelanjaan, dan pusat perdagangan.

Kegiatan yang memicu kerumunan dilarang, seperti resepsi pernikahan. Sekolah dijalankan lewat pembelajaran jarak jauh. Penyelenggaraan ibadah berjamaah di rumah ibadah tetap tidak diperbolehkan.

Bagi pelaku perjalanan jarak jauh masih harus menunjukkan kartu vaksin. Selain itu, ada kewajiban memperlihatkan hasil tes PCR bagi penumpang pesawat dan hasil tes antigen untuk moda transportasi lainnya.

PPKM Level 4 diterapkan di 122 kabupaten/kota di Jawa-Bali. Pembatasan ini berlaku selama lima hari ke depan.

36 Masjid di DKI Gelar Salat Idul Adha, Muhammadiyah: Tidak Mudah, Itu Masalah Keyakinan

Halaman: 
Penulis : Iskandar