logo


Media Asing Sebut RI Episentrum Covid Dunia, Satgas: Pemerintah Akan Berupaya Keras Agar Kasus Melandai

Kasus Covid-19 disebut mulai terkendali dengan adanya kebijakan PPKM Darurat.

21 Juli 2021 05:30 WIB

Jubir Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito
Jubir Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pikiran rakyat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menanggapi pernyataan media asing yang menyebut Indonesia sebagai episentrum atau pusat penularan Covid-19 dunia lantaran kasus yang tinggi. Menurutnya, kasus Covid-19 di Tanah Air sudah mulai terkendali dengan adanya kebijakan PPKM Darurat.

"Saat ini penerapan PPKM darurat bertahap sudah menunjukkan hasilnya dan salah satunya penurunan mobilitas dan penurunan jumlah kasus harian," kata Wiku dalam konferensi pers melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/7/2021).

Meski demikian, ia mengatakan bahwa pemerintah dan masyarakat perlu bekerja keras agar lonjakan kasus dalam beberapa hari terakhir ini bisa segera tertangani.


Dua Arafah di Masa Pandemi Covid-19

"Oleh karena itu, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat akan berupaya keras agar secepatnya lonjakan kasus di Indonesia ini dapat segera melandai dan terkendali," ujarnya.

Ia pun meminta agar masyarakat tidak panik dengan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, hal yang terpenting saat ini adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Dimohon agar masyarakat tidak panik dan tetap tenang. Jika protokol kesehatan diterapkan secara sempurna dan aktivitas berisiko dapat diminalisir dengan baik, peluang penularan tentunya akan semakin rendah," pungkasnya.

Akui PPKM Darurat Berdampak Ekonomi, Satgas Pastikan Relaksasi sebagai Solusi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati