logo


Setelah Rusia, Kini Giliran China yang Dituduh AS sebagai Pihak Pendukung Pelaku Peretasan Server Microsoft

Pemerintah AS menuding hacker yang didukung oleh pemerintah China sebagai pelaku serangan siber terhadap Microsoft dan negara barat

19 Juli 2021 21:00 WIB

Serangan Siber
Serangan Siber RT.com

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pemerintah Amerika Serikat dikabarkan menuduh kelompok peretas komputer, atau yang biasa disebut hacker, yang didukung oleh Kementerian Keamanan Nasional China telah bertanggung jawab atas serangan ransomware yang terjadi pada server email milik perusahaan teknologi Microsoft pada Maret lalu.

Serangan siber yang diumumkan oleh Microsoft pada Maret lalu diketahui telah berdampak terhadap puluhan ribu perangkat komputer di seluruh dunia, dimana perusahaan teknologi asal AS tersebut menuduh "kelompok peretas tersebut disponsori oleh Beijing dan beroperasi di wilayah China".

Dilansir dari RT.com, seorang pejabat pemerintahan Joe Biden yang tidak disebut namanya mengatakan bahwa pemerintah AS juga meyakini jika Kementerian Keamanan Nasional China telah memanfaatkan kelompok peretas tersebut untuk melakukan serangan siber yang sesuai dengan perintah dan tujuan mereka.


Setengah Juta Warga China Desak WHO Gelar Investigasi Covid-19 di Laboratorium AS

Sementara itu, pihak Beijing berulang kali membantah tudingan tersebut dan mengatakan jika mereka tidak terlibat dalam operasi kejahatan dunia maya dengan menegaskan bahwa mereka secara tegas menentang "serangan siber dan segala bentuk kejahatan siber".

Pemerintah China juga menyebut tuduhan yang dilontarkan oleh Amerika Serikat tersebut tidak didukung dengan bukti yang cukup.

Sebelumnya, pemerintah AS juga sudah menuduh Rusia telah menggunakan para hacker untuk melancarkan sejumlah serangan siber terhadap lembaga pemerintah maupun swasta di negara-negara barat. Moskow sendiri juga sudah membantah dan menyebut tuduhan AS tersebut tidak berdasar.

 

Uni Eropa Minta Beijing Tindak Tegas Para Hacker yang Beroperasi dari dalam Wilayah China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia