logo


Ratusan Ribu Rakyat Perancis Tolak Vaksin Covid-19 jadi Syarat Perjalanan

Sekitar 114 ribu warga Perancis menggelar aksi unjuk rasa menentang keputusan pemerintah Perancis menjadikan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat utama dalam melakukan perjalanan

18 Juli 2021 16:00 WIB

Ratusan ribu warga Perancis di sejumlah kota menggelar aksi unjuk rasa menentang keputusan pemerintah menjadikan vaksin Covid-19 sebagai syarat untuk melakukan perjalanan atau menggunakan fasilitas umum
Ratusan ribu warga Perancis di sejumlah kota menggelar aksi unjuk rasa menentang keputusan pemerintah menjadikan vaksin Covid-19 sebagai syarat untuk melakukan perjalanan atau menggunakan fasilitas umum Sputniknews

PARIS, JITUNEWS.COM - Ratusan ribu warga Perancis dikabarkan melakukan aksi demonstrasi di sejumlah kota untuk menentang keputusan pemerintah memberlakukan aturan pembatasan sosial dan vaksin Covid-19 sebagai syarat perjalanan. Dilansir dari Sputniknews, total ada lebih dari 114 ribu orang yang melakukan aksi demo tersebut.

Di Paris sendiri, tercatat ada sekitar 18 ribu orang yang ikut dalam aksi demo yang digelar pada Sabtu (17/7).

Sehari sebelumnya, pihak kepolisian kota Lyon menangkap sembilan pendemo yang berunjuk rasa menentang pemberlakuan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat perjalanan.


Putin Tawari Joe Biden untuk Gunakan Negara Asia Tengah sebagai Pangkalan Militer AS

Pada Senin awal pekan ini, Presiden Emmanuel Macron telah mengumumkan bahwa semua pelaku perjalanan di negara tersebut wajib menunjukkan dokumen yang menyatakan bahwa seseorang tersebut sudah menerima suntikan vaksin Covid-19 atau surat hasil uji negatif Covid-19 mulai Agustus mendatang. Dua dokumen tersebut juga wajib ditunjukkan bagi warga yang ingin menggunakan fasilitas umum di Perancis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, mengunjungi festival dan tempat wisata atau pada saat menggunakan transportasi umum seperti kereta api atau pesawat terbang.

Presiden Emmanuel Macron sendiri sejauh ini terus meyakinkan penduduk Perancis untuk bersedia disuntik vaksin. Ia mengatakan bahwa vaksinasi adalah satu-satunya jalan untuk menghentikan situasi wabah yang sudah lebih dari satu tahun ini berdampak buruk terhadap perekonomian.

Sejauh ini, Perancis sudah melaporkan hampir 6 juta kasus infeksi Covid-19 dengan 111 ribu kematian sejak awal tahap pandemi.

Sejumlah Aktivis Desak Joe Biden Segera Cabut Sanksi dan Embargo Ekonomi Kuba

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia