logo


Solo Jadi Salah Satu Kota dengan Capaian Vaksinasi Covid-19 Tertinggi di Indonesia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi peran stakeholder dan warga kota Solo yang ikut mempercepat progres vaksinasi Covid-19.

18 Juli 2021 13:32 WIB

Salah satu sudut kota Solo
Salah satu sudut kota Solo kompas

SOLO, JITUNEWS.COM - Kota Solo saat ini tercatat sebagai salah satu kota dengan pencapaian vaksinasi Covid-19 tertinggi di Indonesia, yaitu mendekati 50 persen. Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat meninjau program vaksinasi di kota Bengawan tersebut pada Sabtu (17/7).

Pada kesempatan tersebut, Menkes juga mengapresiasi sinergitas yang telah berhasil ditunjukkan oleh stakeholder sehingga kota Solo dapat mempercepat capaian vaksinasi Covid-19.

"Pada kesempatan ini, saya mendampingi Pak Panglima dan Pak Kapolri, Kepala BNPB, dan Gubernur. Kami meninjau vaksinasi di Solo yang saya dengar sudah hampir 50 persen. Dari 50.000-an berapa, sudah 200.000-an. Dan (Solo) merupakan salah satu kota dengan vaksinasi tertinggi," kata Budi, Sabtu (17/7).


Puji Jokowi Setop Vaksin Berbayar, Firli: KPK Telah Ingatkan Potensi Korupsi

Budi Gunadi Sadikin juga mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan akan terus mengirimkan pasokan vaksin yang lebih banyak ke kota Solo sehingga situasi herd immunity atau kekebalan kelompok bisa segera tercapai dan laju peningkatan kasus infeksi dapat terkendali.

"Jadi saya nanti akan minta dikirim lebih banyak lagi vaksinnya ke sini agar Solo bisa cepat-cepat divaksin semua," imbuhnya.

Hingga Jumat (16/7), tercatat sudah 236.471 warga kota Solo sudah menerima suntikan vaksin Covid-19, dimana angka tersebut sudah lebih dari 50 persen dari target penerima vaksin di kota asal Presiden Jokowi tersebut yang mencapai 417.151 orang.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga mengapresiasi peran masyarakat di Solo dalam menyukseskan program vaksinasi, yang merupakan strategi utama dalam perang melawan pandemi Covid-19.

"Karena menghadapi Covid-19 harus kita lakukan bersama-sama. Kita harus lakukan secara semesta. Masing-masing pribadi memiliki peran penting, masing-masing kelompok memiliki peran yang sangat penting juga. Oleh sebab itu dua yang harus kita laksanakan, menggunakan masker di mana pun berada dan isolasi mandiri," kata Hadi.

Tingkat Vaksinasi Tinggi, Jokowi: DKI dan Bali Agustus Masuk ke Herd Immunity

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia